Motivasi Progres, Tim Wasrik Kodam III-Siliwangi Periksa Satgas Citarum Harum Sektor 22
-->

Advertisement Adsense

Motivasi Progres, Tim Wasrik Kodam III-Siliwangi Periksa Satgas Citarum Harum Sektor 22

60 MENIT
Rabu, 13 Juli 2022

60menit.co.id | Dansektor 22, Kol. Kav. Sugiono, S.I.P., sedang memantau argumen Tim Wasrik, didampingi Komandan Wasrik Kol. Inf. Drs. Ari Nugroho, sebagai Irutum Itdam III-Siliwangi, Posko 22 Rabu 12/07/2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Satgas Citarum Harum Sektor 22 yang dikomando Kol. Kav. Sugiono, S.I.P, tengah dilakukan pengawasan dan pemeriksaan (Wasrik) dari Inspektorat Kodam III-Siliwangi, yang dipimpin langsung oleh Kol. Inf. Drs. Ari Nugroho, sebagai Irutum Itdam III-Siliwangi.


Menurut Letkol INF. Eko Budi Nugroho, selaku Tim Wasrik Citarum Harum mengatakan, Pengawasan dan Pemeriksaan ini adalah kegiatan pengamatan, pemeriksaan, penilaian dan pengoreksian serta pembinaan secara komprehensif terhadap pengelolaan sumber daya.


"Sumber daya dimaksud di sini adalah Satgas Citarum Harum yang menjadi tanggung jawab Objek Pemeriksaan (Obrik), dilakukan secara langsung dengan cara membandingkan antara pelaksanaan progres dengan aturan yang sudah baku dalam hasil pelaksanaan di lapangan dan pengeluaran anggaran," jelas Eko.


Secara komprehensif pada pemeriksaan ini, Tim Wasrik Kodam III-Siliwangi memeriksa akurasi data berbentuk fisik laporan dan IT sesuai progres yang belum, sedang dan sudah berjalan, hasil maksimal pada penyesuaian, tujuannya adalah penyelarasan progres dengan hasil lapangan.


"Tujuan akhir dari pemeriksaan ini yaitu untuk mendorong suksesi Program Citarum Harum itu sendiri, sehingga satgas yang bergerak sebagai eksekutor di lapangan bisa merencanakan progres yang spektakuler pada pemajuan program," imbuh Eko.


Pemeriksaan dokumen laporan.


Tim Wasrik lainya Letkol Chb. Joko P, menyelia dokumen laporan yang ada di Satgas Sektor 22, dengan mutu yang bisa dipertanggung jawabkan oleh Bamin Sektor 22, "Laporan Bamin itu sudah baik dan tepat, namun untuk menertibkan laporan dari semua SubSektor dari masing-masing giat yang berbeda lebih disesuaikan waktunya masing-masing, supaya Bamin tidak pusing menyusunnya," ulas dia.


Kol. Inf. Drs. Arry Nugroho, sebagai Irutum Itdam III-Siliwangi (Dan Wasrik) menganjurkan, kolaborasi yang sudah berjalan bagus dengan Pemerintah Daerah dan kewilayahan perlu dipertahankan, namun masih memerlukan kesadaran masyarakat dalam pendukungan program Citarum Harum, "Diharap keterlibatan dari steakholder perlu ditingkatkan, soalnya kerjasama dengan Pemerintah Daerah sudah masif dan baik," ujarnya.


Pengawasan yang mengedepankan teknologi modern ini, Wasrik sebagai pengendalian Organisasi, yang dimaksud Satgas Citarum Harum yang bertanggung jawab kepada panglima hingga ke Pemerintah Pusat, Ia berharap progres Citarum Harum bisa selesai dengan target, "Harapan kita dalam pengawasan ini kedepannya bisa lebih bagus lagi, terutama pasca tuntasnya Citarum Harum masyarakat bisa merawat sungai dengan baik dan berkelanjutan," tutup Arry Nugroho.


Diskusi


Dansektor 22 Citarum Harum, Kol. Kav. Sugiono, S.I.P., mengharapkan bahwa pengawasan oleh Irdam III-Siliwangi bisa memicu kepada semua Sektor Satgas Citarum Harum, "Diharap pengawasan ini sebagau kontrol kegiatan yang berjalan sesuai dengan program," singkat Sugiono.


Ia menambahkan, terkait pengeluaran anggaran oleh satgas sektor 22 hanya penggunaan makan minum satgas sehari-hari, sedangkan untuk masyarakat sudah ada indexnya, "Sedangkan biaya pengembangan tata kelola sungai itu kan Pemerintah Daerah yang membiayai dengan APBDnya," jelas Kolonel Sugiono. 


Giat Wasrik di Satgas Sektor 22 dibagi dua bagian, satu tim menyelia di Posko Sektor 22 untuk memeriksa dokumen, sedangkan satu tim lagi mengunjungi lapangan ke setiap SubSektor sebagai akurasi data yang dilaporkan.


(zho)