Penghujung Tahun, Satgas Sektor 22 Sub 4 Jalani Progres Renaksi Tahun 2022
-->

Advertisement Adsense

Penghujung Tahun, Satgas Sektor 22 Sub 4 Jalani Progres Renaksi Tahun 2022

60 MENIT
Jumat, 11 November 2022

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 4 membersihkan Sungai Cikapundung wilayah Ciseureuh Kecamatan Regol, Jumat 11/11/2022 (Mg.Oleh)


60MENIT.co.id, Bandung | Penghujung 2022, program rencana aksi terus di galakan oleh Sektor 22 Sub 4 Satgas Citarum Harum dengan melaksanakan pembersihan sampah dan rumput liar di Sungai Cikapundung wilayah Kelurahan Ciseureuh, Kecamatan Regol, Kota Bandung. Jum'at (11/11/22).


Nampak di lokasi anggota Satgas Citarum Harum bersama Gober kewilayahan melakukan pembersihan sampah dan rumput liar sepanjang 100 meter yang menempel di kirmir sungai dengan hasil sampah sebanyak 300 Kg.


Bahwa pemulihan fungsi pada daerah aliran sungai yang berada di wilayah kerja Sektor 22 Satgas Citarum Harum, kini bisa di katakan ada perubahan dan semakin membaik serta daya tercemarpun semakin minim.


Bisa terlihat secara kasat mata, sampah yang tadinya bertumpuk dan rumput liar yang tumbuh begitu rimbun bahkan, baik limbah industri maupun domestiknya pun sekarang berangsur berkurang dengan rutinnya pembersihan di daerah aliran sungai.


Peltu Ace S, Komandan Sub 4 saat di konfirmasi oleh wartawan menyampaikan, sampah dan rumput liar, belum 100% bisa teratasi, namun walau demikian beberapa wilayah daerah aliran sungai yang ada dapat kami atasi, setidaknya sekarang sudah mulai berkurang daya cemarnya.


"Jika kita menginginkan kesempurnaan dari fungsi sungai, maka harus semua element terlibat di dalamnya, karena permasalahan sungai khususnya, baik sampah, limbah dan rumput liar harus benar-benar di jaga dengan adanya pengawasan dari semua pihak". Ucapnya.


Kondisi aktivitas pembersihan Sungai Cikapundung.


Lanjut Ace, jika semuanya bergerak dan peka serta berperan aktif dalam pelestarian khususnya kebersihan lingkungan, daerah aliran sungai bahkan lingkungan sekitarpun akan nampak lebih bersih dan sehat.


"Yang terpenting untuk saat ini, bagai mana langkah atau cara agar diri kita bisa lebih memikirkan betapa pentingnya pelestarian lingkungan dengan cara menjaga dan merawatnya guna menuju lingkungan bersih, masyarakat sehat". Terangnya.


Peltu Ace menegaskan, rutinnya melakukan pembersihan, kepada warga masyarakat tidak kami benarkan jika harus membuang sampah sembarangan terutama ke daerah aliran sungai, karena hal tersebut sebuah pelanggaran dan prilaku tidak baik.


"Sungai bukan tempat sampah, jadi jangan kotori sungai, karena sungai merupakan salah satu sumber kehidupan bagi kita semua, jadi tolong rawat dan jaga sebaik-baiknya". Tutup Peltu Ace. 


(Sholeh)