Satgas Citarum Harum Sektor 22, Mengapresiasi Adanya TPS3R di Antapani Tengah
-->

Advertisement Adsense

Satgas Citarum Harum Sektor 22, Mengapresiasi Adanya TPS3R di Antapani Tengah

60 MENIT
Rabu, 28 Desember 2022

Tampak Serka Bayu FR (Baops Satgas Citarum Harum Sektor 22) dalam penandatanganan berita acara serah terima Sarana dan Prasarana TPS3R Kelurahan Antapani Tengah, Rabu 28/12/2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Serka Bayu FR, Baops Satgas Citarum Harum di Sektor 22, mewakili Dansektor 22 Kol. Inf. FX. Sri Wellyanto Kasih turut menghadiri penandatanganan berita acara serah terima Pembangunan Sarana dan Prasarana Pengolahan Sampah TPS3R beserta kelengkapannya di Kelurahan Antapani Tengah bertempat di Ruang Rapat Bale  Binangkit Lt. 2 Disperkim Prov. Jabar, Rabu 28/12/2022.

Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse dan Recycle (TPS3R) adalah sistem pengolahan sampah dengan inovasi teknologi mesin pencacah sampah dan pengayak kompos yang lebih efektif dan efesien.

Pembangunan ini termasuk geliat kemajuan dalam inisiatif menuntaskan permasalahan penyelesaian sampah di lingkungan untuk menuju kawasan bebas sampah. Kelurahan Antapani Tengah kini membangun tempat tersebut sebagai upaya untuk menuju kawasan bebas sampah.


"Jelas kita sangat mengapresiasi segala sikap pemerintah dalam upaya kawasan bebas sampah, dengan tujuan percepatan progres Program Citarum Harum tentunya berawal dari pengelolaan sampah yang benar di setiap daerah," jelas Bayu kepada awak media. 

Pemaparan sebelum serah terima Sarana dan Prasarana TPS3R Antapani Tengah.

Inisiatif yang terbarukan menurut para ahli, sehingga sistim ini dikembangkan di beberapa kawasan yang layak berdirinya TPS3R tersebut. 

Program TPS3R bertujuan untuk mengurangi kuantitas dan memperbaiki karakteristik sampah, yang akan diolah secara lebih lanjut di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah dan berperan dalam menjamin semakin sedikitnya kebutuhan lahan untuk penyediaan TPA sampah di perkotaan

"Ini sangat bersentuhan dengan tujuan Program Citarum Harum, artinya semua aliran sungai bisa mencapai derajat bersih dan sehat jika pengolahan sampah sudah bisa direalisasikan di setiap wilayah," imbuh Bayu. 


Ia menambahkan, kurangnya akomoditas sampah dari setiap kawasan sehingga berakibat tercecernya oleh masyarakat di sebagian kewilayahan, terutama di wilayah padat penduduk. 

Keterbatasan sarana dan prasarana yang tidak bisa menunjang atas didirikannya TPS3R di beberapa wilayah, hal ini masih mengharapkan ide lain dalam menuntaskan urusan sampah. 

Suasana di ruang rapat Bale Binangkit Diperkim Prov. Jabar Jl. Kawaluyaan Kota Bandung.

Kendati demikian Satgas Citarum Harum Sektor 22 selalu berkomunikasi dengan para pimpinan aparat daerah, sehingga kontribusi sampah bisa diselesaikan dengan pasti.

"Kita berharap semua pimpinan atau aparatur kewilayahan bisa menyelesaikan kelumit sampah di tempatnya masing-masing, sehingga kita bisa bergerak bersama-sama untuk mewujudkan sungai bersih dan sehat," tutup Bayu.

(zho)