Galang Kebersamaan, Satgas Sektor 22 Sub 02 Membersihkan Sungai Cikapayang
-->

Advertisement Adsense

Galang Kebersamaan, Satgas Sektor 22 Sub 02 Membersihkan Sungai Cikapayang

60 MENIT
Selasa, 10 Januari 2023

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 02 bersama Gober membersihkan Sungai Cikapayang, Selasa 10/01/2023 (Mg.Oleh)


60MENIT.co.id, Bandung | Butuh waktu yang sangat panjang dan konsentrasi penuh terhadap pelestarian lingkungan, terlebih pada daerah aliran sungai, butuh kerja keras dan kerja sama yang baik dari semua unsur guna penuntasannya.


Seperti yang nampak terlihat Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 2 bersama Gober melaksanakan pembersihan sepanjang 750 meter di Sungai Cikapayang, Kelurahan Sukaluyu, Cibeunying Kota Bandung dengan hasil sampah sebanyak 400 Kg. Selasa (10/01/23).


Dapat disimpulkan bahwa, permasalah sampah pada daerah aliran sungai walau setiap hari di bersihkan namun tak kunjung selesai, hal tersebut tentunya dapat di sebabkan oleh beberapa faktor, bisa saja banyak oknum yang tidak bertanggung jawab dengan sengaja membuang sampah ke sungai dan bisa saja sampah darat yang terbawa arus air saat hujan dan masuk ke aliran sungai.


Saat di konfirmasi, Serma A Yani Dansub 2 Sektor 22 Satgas Citarum Harum menyampaikan, kami terus memfokuskan pembersihan, pengangkatan dan perataan sedimen pada daerah aliran sungai yang menjadi anak, cucu dan cicit nya sungai Citarum.


"Hal tersebut kami lakukan, agar aliran sungai yang ada terus terkontrol serta dapat berfungsi, baik itu sampahnya, rumput liar serta sedimennya yang sekiranya berpotensi menghambat kelancaran arus air di sungai tersebut". Jelasnya.


Dikatakannya kembali, yang kami lakukan tentunya bagian kecil dari penuntasan, karena butuh kerja sama yang baik dari semua unsur untuk menuntaskan permasalahan ini, jika hanya mengandalkan salah satu sektoral saja, kami rasa itu akan sangat sulit dan butuh waktu yang lama.


"Berharap, kedepan semua unsur dapat benar-benar bekerja dan bisa ikut berperan aktif dalam menuntaskan permasalahan pada daerah aliran sungai dan kami tentunya terus mengajak kepada warga masyarakat, "mari kita jaga, rawat dan lestarikan, agar alam ini memberikan sebuah keberkahan pada keberlangsungan hidup kita semua". Tutup Serma A Yani.


(Sholeh)