Pembersihan Sungai Cironggeng, Dansub 10 Satgas Sektor 22 Perawatannya Perlu Ditingkatkan
-->

Advertisement Adsense

Pembersihan Sungai Cironggeng, Dansub 10 Satgas Sektor 22 Perawatannya Perlu Ditingkatkan

60 MENIT
Kamis, 12 Januari 2023

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 10 membersihkan benalu Sungai Cironggeng di wilayah RW.16 Kel.nSukamiskin kec. Arcamanik, Kamis 12/01/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Pembersihan rumput liar di tepian Sungai Cironggeng wilayah Rw. 16 Sukamiskin Kecamatan Arcamanik, Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui SubSektor 10 berhasil mengembalikan kondisi sungai yang rapi dan tertata. 


Dipimpin Serka Masroh S, me gerakan anggota dibarengi tim Gober kewilayahan berjibaku membabat habis rumput liar yang merupakan benalu sungai tersebut. 


"Sudah kita ketahui bersama, rumput liar merupakan faktor utama perusak kondisi dan pemandangan sungai, benalu ini harus terawasi supaya tidak membuat rusak sungai lebih parah lagi," kata Masroh, Kamis 12/01/2023. 


Kondisi asli Sungai Cironggeng sebelum dilakukan pembersihan.


Di seluruh pelosok kewilyahan rata-rata sungai ditumbuhi rumput liar (benalu/gulma sungai), hal ini menandakan bahwa perawatan sungai harus lebih ditingkatkan lagi. 


Dengan wilayah kerja yang luas dipadukan dengan keberadaan personal Satgas Citarum Harum sangat minim. 


Kendati demikian, Satgas Citarum Harum Sektor 22 memutar cara dengan menggaet pasukan Gober di setiap aksinya. 


Melakukan diskusi bersama aparat kewilyahan.


"Kolaborasi dengan pemerintah daerah kita terus mengupayakannya, karena jika tanpa mereka personil kita sedikit. Alhamdulillah kita selama ini berkolaborasi dengan mereka Setipa aksi perawatan sungai di seluruh pelosok," imbuh Masroh. 


Untuk memantapkan prilaku masyarakat supaya lebih memahami kepedulian terhadap kebersihan sungai, Serka Masroh membagi personil untuk melakukan patroli sungai dan komunikasi sosial kepada masyarakat. 


"Dalam komunikasi sosial kita mengedepankan sosialisasi tentang tujuan program Citarum Harum, disini kita berharap supaya mereka lebih faham dan bisa melakukan perawatan sungai walaupun hanya tidak membuang sampah ke sungai," jelas Masroh. 


(zho)