Upaya Ciptakan Sungai Bersih dan Sehat, Satgas Sektor 22 Sub 03 Bersihkan Sungai Cikakak
-->

Advertisement Adsense

Upaya Ciptakan Sungai Bersih dan Sehat, Satgas Sektor 22 Sub 03 Bersihkan Sungai Cikakak

60 MENIT
Sabtu, 14 Januari 2023

Tampak Sungai Cikakak wilayah Pasirkaliki pasca dibersihkan sebelah kiri sungai oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 03, Sabtu 14/01/2023 (Mg.Oleh)


60MENIT.co.id, Bandung | Pembersihan Sungai Cikakak wilayah Kelurahan Pasirkaliki terus di lakukan Sektor 22 Sub 3 Satgas Citarum Harum sebagai salah satu upaya Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai. Sabtu (14/01/23).


Dalam giatnya Sub 3 Sektor 22 Satgas Citarum Harum yang di pimpin oleh Serka Hengky kerahkan anggotanya untuk dapat mengangkat sampah dan bebatuan serta perataan sedimen di sungai Cikakak.


Tentunya se iring dengan rutinnya di bersihkan walau belum mencapai 100% setidaknya yang di lakukan Satgas dapat mengurang serta meminimalisir dan memperlancar aliran air yang ada pada sungai tersebut.


Dalam kesempatannya Serka Hengky mengatakan, walau belum sepenuhnya daerah aliran sungai yang ada di wilayah kami terbebas dari sampah, rumput liar bahkan limbah domestik, dengan pembersihan sacara rutin hal tersebut sudah bisa mengembalikan fungsi sungai itu sendiri.


Artinya, sambung Hengky, hal yang paling utama untuk mengatasi permasalahan sungai ada pada pengendalian dan pengawasan terhadap sungainya itu sendiri, jika di sinyalir ada potensi-potensi penyebab baik banjir atau pencemaran, tentunya kami harus bisa segera mengatasi hal tersebut.


"Yang terpenting, peran serta dari semua unsur termasuk warga masyarakat, harus ikut peduli akan pelestarian lingkungan, dimana dengan tidak melakukan pembuangan sampah secara sembarangan". Ujar Hengky.


Suasana pembersihan Sungai Cikakak.


Namun walau demikian, lanjutnya, jika saja secara kasat mata ada oknum yang dengan sengaja atau tanpa sengaja membuang sampah ke sungai, secara tidak langsung termasuk pelanggaran dan akan diberlakukan tangkap tangan.


"Dari pelanggaran tersebut bisa kami kenakan sanksi, bisa sanksi sosial maupun sangsi lainnya yang sudah di tetapkan oleh aturan yang berlaku". Tegasnya.


Pihaknya berharap, semoga saja tidak terjadi hal tersebut, karena kami yakin warga masyarakat juga cinta akan pelestarian kebersihan lingkungan, dan pada saat ada giat karya bakti warga juga setidaknya dapat ikut berpartisipasi turun untuk bersama-sama bekerja.


"Kami mengajak kepada warga masyarakat dukung program-program kami, mari kita sukseskan program Citarum Harum". Ajak Komandan Sub 3 Serka Hengky kepada awak media sambil menutup keterangannya. 


(Sholeh)