Jalan Tol Calon Ibu Kota Baru Akhir Oktober Dioperasikan
-->

Advertisement Adsense

Jalan Tol Calon Ibu Kota Baru Akhir Oktober Dioperasikan

60 MENIT
Sabtu, 21 September 2019

60Menit.co.id - CNBC

60MENIT.CO.ID ⬛ Jalan tol ini akan membentang melintasi Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara yang sudah ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai lokasi Ibu Kota baru menggantikan DKI Jakarta.

"Saat ini progress konstruksinya telah mencapai 97%," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Danang Parikesit seperti dikutip melalui laman Sekretariat Kabinet.

"Kami optimistis untuk seksi II hingga seksi IV Palaran dapat dioperasikan secara fungsional akhir Oktober ini. Sementara seksi V dan I masih ada beberapa yang harus dikejar dan ditargetkan beroperasi akhir 2019," jelasnya

Jalan tol ini memiliki panjang 99,350 Km terdiri yang terdiri 5 seksi, yaitu Seksi V Balikpapan (Km 13) - Sepinggan (11,500 Km), Seksi I Balikpapan (Km 13) - Samboja (22,025 Km), Seksi II Samboja - Muara Jawa (30,975 Km), Seksi III Muara Jawa - Palaran (17,300 Km) dan Seksi IV Palaran - Samarinda (17,550 Km).

Jalan tol dengan investasi sebesar Rp 9,97 triliun ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), dimana dari lima seksi jalan tol, pemerintah memberikan dukungan konstruksi di Seksi V dan Seksi I dengan total panjang 33,115 Km yang bertujuan meningkatkan kelayakan finansial ruas tol tersebut.

Sementara untuk Seksi II hingga seksi IV sepanjang 66,235 Km, pembangunannya menggunakan dana dari Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yaitu PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS).

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani yang mendampingi Kepala BPJT dalam kunjungan itu juga menyoroti percepatan penyelesaian Jalan Tol Balikpapan - Samarinda mengingat jalan tol pertama di Pulau Kalimantan ini pasti menjadi cikal bakal pembangunan infrastruktur lainnya untuk mengembangkan suatu kawasan ekonomi terpadu.

"Salah satunya, jalan tol ini akan terhubung langsung Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, 11 Km dari Balikpapan," kata Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani.

"Dapat diproyeksikan juga jalan tol ini akan mendapatkan bangkitan lalu lintas karena berperan sebagai penghubung ibu kota negara dengan dua daerah utama lainnya, yaitu Balikpapan dan Samarinda," kata Desi.

Kehadiran jalan Tol Balikpapan - Samarinda ini diharapkan dapat menjadi dasar pengembangan Ibu Kota baru, serta mendukung percepatan distribusi barang dan jasa antara dua kota tersebut yang dapat memangkas waktu perjalanan non jalan tol yang sebelumnya 4 jam menjadi 1 jam.

(*/CNBC)