Sektor 9-03: Bebersih Lembur Gaet Warga dan Penggiat Lingkungan

Advertisement

Sektor 9-03: Bebersih Lembur Gaet Warga dan Penggiat Lingkungan

60 MENIT
Minggu, 27 Oktober 2019

60Menit.co.id - Jelang musim penghujan, satgas Citarum sektor 9 subsektor 3 Padalarang ajak warga dan penggiat lingkungan di RW 04 Desa Cipeundeuy bebersih lembur. Minggu (27/10).

60MENIT.CO.ID, KBB ☐ Menjelang musim penghujan, satgas Citarum sektor 9 subsektor 3 Padalarang ajak warga dan penggiat lingkungan di RW 04 Desa Cipeundeuy bebersih lembur. Minggu (27/10).

"Hari ini kami mengajak warga untuk melakukan karya bakti dengan membersihkan selokan sepanjang 200 meter yang sudah tertutup tanah dan sampah," ujar Pelda Aris Susanto.

Menurutnya bahwa, mengajak warga terlibat langsung dalam kegiatan satgas, adalah upaya menggugah hati dan pikiran mereka dari sikap acuh kepada lingkungan, menjadi sadar dan peduli terhadap upaya menjaga kebersihan serta kenyamanan di lingkungan mereka.

"Kalau pola pikir warga sudah berubah untuk bersama sama menjaga lingkungan, maka akan lebih mudah kita menjalankan Amanat Perpres no 15 thn 2018," Tutur Dansub 3.

Kegiatan bebersih lembur ini akan dilaksanakan satgas Citarum sektor 9 sub 3 Padalarang dengan cara berkeliling di setiap Desa.

Sementara itu, menurut Dansektor 9 Kolonel Inf Amir, bahwasanya budaya gotong royong adalah warisan dari leluhur dan masih harus selalu di lestarikan, walaupun akibat kemajuan jaman, terkadang sifat ego dan tidak peduli kpd sesama dan kepekaan terhadap lingkungan semakin menipis dikehidupan sosial kemasyarakatan.

"Saya perintahkan satgas di sektor 9 untuk terus menerus mengajak secara persuasif  kpd seluruh masyarakat di KBB  untuk terlibat aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan, terutama dalam pengelolaan sampah rumah tangga".

"Keterlibatan warga sangat penting dalam pemulihan DAS Citarum, karena masyarakat juga lah yg akan terkena dampaknya bila lingkungan mereka kumuh, dan kita sebagai satgas, berkewajiban  untuk merubah pola pikir dan pola hidup mereka ke arah  yang lebih baik yaitu masyarakat yg madani" Tutur Kolonel Inf Amir Mahmud.

(**)