DISPUSIP Kabupaten Garut Meluncurkan 5 Unit Kolecer

Advertisement Adsense

DISPUSIP Kabupaten Garut Meluncurkan 5 Unit Kolecer

Wak Puji
Kamis, 19 Desember 2019


60menit.co.id, Garut - Dengan hadirnya Kolecer (Kotak Literasi Cerdas) di Kabupaten Garut, masyarakat pun semakin asyik dan mudah meluangkan waktunya untuk membaca.

Itulah yang menjadi fokus Program Pemerintah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Garut dalam mendorong minat baca warga Kabupaten Garut. Pasalnya, secara umum minta baca di Indonesia masih rendah.

"Tujuan Kolecer meningkatkan minat baca di masyarakat, sehingga Kolecer pun diletakkan dekat dengan masyarakat di pusat keramaian agar mudah diakses," ucap Dra. Ida Rahayu Kabid Layanan dan Pengembangan Perpustakaan Kabupaten Garut.

Di tahap pertama, program Kolecer di Kabupaten Garut yang diberikan dari Provinsi Jawa Barat 1 buah kolecer ditempatkan di taman kiansantang jl. Papandayan yang pengelolaannya dari masyarakat melalui proses untuk kelulusannya karena petugas kolecer tersebut  di gaji oleh Provinsi Jawa Barat.

" untuk program Kolecer yang ada di garut pada tahun anggaran 2019 mengadakan 5 kotak yang ditempatkan di 5 lokasi Balubur Limbangan, Kecamatan Limbangan, Kecamatan malangbong, kecamatan singajaya dan Di Universitas garut, yang pengolanya di serahkan ke masing2 kecamatan atau dari pihak universitas" tambahnya

Kini, Kolecer pun terbukti menarik masyarakat daerah untuk sekadar bertanya soal buku, mulai membaca buku, hingga berkreasi atau mengikuti kegiatan yang ditawarkan oleh pengelola masing-masing Kolecer.


"Seperti sekarang kami menyerahkan 1 unit Kolecer kepada UPTD Situ Cangkuang yang kita ketahui pengunjung di taman sekitar situ cangkuang yang beraneka usia, baik orangtua, muda dan anak2 dan kolecerpun menerima sumbangan dari masyarakat untuk di titipkan di kolecer dan semoga kolecer yang pihak pemda sediakan menjadi manfaat buat masyarakat" pungkas Ida. (Djie)