IWO KABUPATEN GARUT MENGADAKAN SYUKURAN HARI PERS NASIONAL (HPN) POTONG TUMPENG DIHADIRI ANGGOTA DPRD KABUPATEN GARUT

Advertisement Adsense

IWO KABUPATEN GARUT MENGADAKAN SYUKURAN HARI PERS NASIONAL (HPN) POTONG TUMPENG DIHADIRI ANGGOTA DPRD KABUPATEN GARUT

Wak Puji
Minggu, 09 Februari 2020


60menit.com, GARUT - Memperingati Hari Pers Nasional Nasional (HPN) Ikatan Wartawan Online (IWO) Garut potong tumpeng bersama Anggota DPRD Garut Komisi IV, Iden Sambas, Minggu (09/02/2020) di kantor IWO Jalan Ottista.

Ketua IWO Garut, Robi Taufik Akbar mengucapkan syukur atas terbentuknya IWO Garut sebagai organisasi yang dapat mengakomodir jurnalis di Garut.

Karena itu Hari Pers Nasional ini sekaligus menjadi momen untuk mensyukuri terbentuknya IWO Garut dan eksistensi pers secara umum di Kabupaten Garut.

Dalam kesempatan tersebut Robi juga mengingatkan kalangan jurnalis IWO untuk senantiasa melaksanakan tugasnya dengan baik. Terutama menjunjung tinggi kode etik jurnalistik sebagai panduan jurnalis (wartawan).

"Saya berharap kepada rekan-rekan untuk memegang kode etik jurnalistik dalam melaksanakan tugas," kata Robi.

Kemudian Robi juga berharap di hari Pers Nasional ini kemerdekaan Pers  semakin dihargai oleh seluruh kalangan. Pers sebagai profesi yang sangat istimewa yang dilindungi undang-undang Pers no 40 tahun 1999 harus dijaga dari setiap tindakan intervensi dan kriminalisasi.

Karena Pers kata Robi, dalam melaksanakan tugasnya dilindungi dan dijamin undang-undang. Karena itu sangat disayangkan di sebagian daerah masih saja ada wartawan yang terjerat persoalan hukum ketika berkaitan dengan produk jurnalistik (produk pers).

Seperti yang terjadi saat ini di Sulawesi, ada satu wartawan online yang dipenjarakan karena produk berita yang dibuatnya.

Hal itu sangat tidak sejalan dengan amanah undang-undang Pers yang mengatur adanya hak jawab dan hak koreksi ketika terjadi persoalan dengan produk berita.

Karena itu Robi juga berharap kerjasama dengan pihak Kepolisian agar segala persoalan hukum tentang pers untuk diselesaikan dengan undang-undang pers no 40 ketika adanya pelaporan atas berita wartawan.

Dalam kesempatan tersebut Robi juga mengucapkan terimakasih kepada Anggota DPRD Garut, Iden Sambas yang menyempatkan diri hadir di kantor IWO Garut dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional.

Kehadiran Iden Sambas begitu istimewa dan berarti bagi jurnalis IWO.

Sementara itu, Iden Sambas, Anggota DPRD Garut juga mengucapkan terimakasih atas undangan IWO Garut memperingati Hari Pers Nasional.

Iden juga bersyukur karena dengan adanya peran wartawan semua kegiatan DPRD dan Pemerintahan secara umum dapat terbantu.

Karena itu Iden sangat menghargai adanya peran media selama ini yang telah bekerjasama mengawal tugas DPRD maupun Pemerintahan Daerah secara umum.

"Saya ucapkan selamat kepada rekan-rekan media atas Hari jadi Pers Nasional," kata Iden. (Djie)