PEMDA GARUT LAKUKAN CEK TUBUH RATUSAN PENUMPANG MENGANTISIPASI PENYEBARAN COVID-19
-->

Advertisement Adsense

PEMDA GARUT LAKUKAN CEK TUBUH RATUSAN PENUMPANG MENGANTISIPASI PENYEBARAN COVID-19

Wak Puji
Minggu, 22 Maret 2020


60menit.com, Garut - Dalam rangka menangkal merebaknya virus corona ke Kabupaten Garut Pemda Garut melaksanakan pemeriksaan penumpang atau kendaraan yang dari luar kabupaten Garut yang masuk ke Kabupaten Garut  di Jalan baru Lingkar Kadungora, Minggu (22/03/2020).

Ratusan Penumpang kendaraan umum dan pribadi diperiksa suhu tubuhnya. Secara keseluruhan penumpang umumya sehat dan dapat melanjutkan perjalanan kembali ke Garut. Dari ratusan penumpang yang dicek, setidaknya terdapat 20 orang bersuhu 37,5°C, dan Satu diantaranya masuk ODP (Orang Dalam Pemantauan). Selanjutnya yang bersangkutan akan dipantau Puskesmas dimana ia tinggal.

Pengukuran suhu tubuh khusus penumpang  yang menuju Garut ini dilakukan  sebagai antisipasi kian merebaknya virus Corona. Meski Garut tidak masuk zona merah penyebaran virus Corona, atas instruksi Bupati Garut, agar  jajarannya dibantu TNI dan Polri untuk melakukan penjagaan di perbatasan supaya orang Garut tidak terinfeksi oleh orang  Iuar yang datang berkunjung Garut.


Menurut Asisten Pemerintahan dan Kesra, Nurdin Yana, pihaknya menurunkan petugas kesehatan dibantu TNI dan Polri serta SKPD lainnya. Tujuannya untuk memastikan agar masyarakat yang datang ke Garut benar-benar tidak terkena virus Corona.

"Hari ini semua penumpang dilakukan pengecekkan kesehatan, bila suhu tubuhnya diatas 37-38 derajat, kami langsung obati. Jangan sampai ada warga yang masuk sudah terindikasi, maka bila mereka terindikasi kami lakukan pengobatan," ujar Nurdin Yana.

Sementara itu Kapolres Garut, AKBP Dede Yudi Ferdiansyah menyatakan dukungannya atas upaya Pemkab Garut melakukan pengukuran suhu tubuh khusus para penumpang yang masuk wilayah Kabupaten Garut. Pihaknya menurunkan  tidak kurang dari 100 personel.

Senada dengan Kapolres Garut, Dandim 0611/Garut, Letkol Inf. Erwin Agung TWA, mengatakan, pihaknya mendukung, terlebih satuannya mendapat intruksi langsung dari Panglima TNI maupun Panglima Kodam III Siliwangi untuk mendukung personel maupun materil membantu Pemkab Garut dalam aksi pencegahan  Covid-19.

Dalam aksi ini, bersama Polres Garut dan Kodim 0611/ Garut, Pemkab Garut menurunkan tim dari Dinas kesehatan Kabupaten Garut, BPBD Kabupaten Garut dan Dinas Perhubungan, dan Dinas Kominfo Kabupaten Garut.

Meski terlihat kaget, umumnya para penumpang menyambut baik upaya Pemkab Garut demi menjaga daerahnya terbebas dari Virus Corona. Satu per satu mereka diperiksa, bahkan   untuk  penumpang bis, petugas langsung memeriksa di dalam bis.

"Abdi mah ngadukung wae ari kanggo kasaean sadayana mah," ujar Didin (54),  salah seorang penumpa bis jurusan Cicaheum-Garut dari Kecamatan Garut Kota. (Djie)