Kabar Gembira Bagi Pengguna Listrik Kapasitas 1.300 VA Dan 900 VA Nonsubsidi.

Advertisement Adsense

Bupati Garut

Bupati Garut

Kadispora Kab. Garut

Kadispora Kab. Garut

Kadis Pertanian Garut

Kadis Pertanian Garut

Kabar Gembira Bagi Pengguna Listrik Kapasitas 1.300 VA Dan 900 VA Nonsubsidi.

Wak Puji
Rabu, 29 April 2020


60menit.com, Jakarta - Bagi kedua jenis pelanggan tersebut berkesempatan menikmati 'subsidi' listrik cukup dengan login di www.lightup.id.

Program ini sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat di tengah merebaknya pandemi virus corona atau Covid-19. 

Program ini digagas oleh Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Foundation yang berkolaborasi dengan PT PLN (Persero).

Pelanggan PLN kapasitas 1.300 VA dimungkinkan untuk dapat menikmati 'insentif' serupa di masa pandemi ini. 

Program ini juga akan menyasar pelanggan 900 VA. 

Apalagi setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diimplementasikan, banyak anggota masyarakat yang pendapatannya berkurang secara signifikan.

Bahkan kehilangan pekerjaan namun harus memenuhi kebutuhannya dan salah satunya adalah listrik.

“Melalui gerakan Light Up Indonesia ini kami berupaya membangun ketahanan ekonomi keluarga prasejahtera dan memberikan harapan di tengah kegelapan,"

"Dengan adanya bantuan ini, pemasukan yang mereka dapatkan saat ini bisa dialokasikan untuk membeli sembako dan kebutuhan lainnya untuk pencegahan Covid-19,” ujarnya dalam virtual press, Rabu (22/4/2020) lalu. 

Gerakan Light Up ini sebut dia, mengajak masyarakat yang ingin berdonasi melalui situs www.lightup.id.

Donasi yang dikumpulkan melalui gerakan Light Up Indonesia akan disalurkan keluarga prasejahtera yang menggunakan listrik PLN 900 VA hingga 1300 VA namun tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Veronica juga menyebutkan untuk tahap pertama donasi akan diberikan kepada 100.000 keluarga prasejahtera yang terbagi atas dua komunitas penerima manfaat.

Pertama adalah komunitas yang ditargetkan secara khusus, dan kedua adalah masyarakat umum yang merasa membutuhkan bantuan keringanan tagihan listrik.

Pada tahap awal ini, bersamaan dengan semangat Hari Kartini, Light Up akan menjangkau komunitas khusus yang terdiri dari 40.000 ibu pelaku usaha ultra mikro binaan YCAB Ventures.

Komunitas ini tersebar di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Lampung.

"Pada tahap selanjutnya, Light Up akan menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan berdasarkan pendaftaran ID pelanggannya melalui website Light Up yang dikembangkan oleh PT Glotech Prima Vista (Do It)," katanya.

Sementara itu, Senior Executive Vice President Bisnis & Pelayanan Pelanggan PLN, Yuddy Setyo Wicaksono mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi gerakan Light Up Indonesia.

Ia berpendapat bahwa pada situasi seperti ini, semua bantuan yang dihadirkan bagi masyarakat memberikan tambahan semangat untuk dapat melalui masa-masa sulit.

"Kami harap kegiatan Ini bisa menginspirasi yang lainnya untuk turut membantu saudara-saudara kita yang tengah membutuhkan ditengah pandemik ini,"

"Untuk itu kami mengajak masyarakat menyebarluaskan niat baik ini untuk dapat bersama membantu meringankan beban mereka yang membutuhkan,” katanya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh CEO Do-It, Jennifer Claudia.

Ia mengaku bangga karena telah dipercaya untuk mendukung gerakan ini dari segi teknologi.

“Merupakan suatu kebanggaan bagi Do-It dapat dipercaya oleh PLN dan YCAB untuk mendukung gerakan ini dari segi teknologi,"

"Kami harapkan program Light Up dapat mendukung upaya pemerintah dalam meringankan beban masyarakat,“ kata dia.(***)