Rembang Senja di Ufuk Harapan Kakek Udin, Tetap Menari Memecah Batu, Demi Sebuah Mimpi.
-->

Advertisement Adsense

Rembang Senja di Ufuk Harapan Kakek Udin, Tetap Menari Memecah Batu, Demi Sebuah Mimpi.

Wak Puji
Senin, 13 Juli 2020


60menit.com, Garut – Semangat masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 108 Kodim 0611/Garut memang tidak perlu diragukan lagi. Semangat yang berlandaskan kebersamaan dan gotong royong dalam rangka meningkatkan infrastruktur yang nantinya dinikmati seluruh masyarakat khususnya Desa Wanakerta dan Desa Padasuka, seolah menjadi kekuatan tersendiri bagi masyarakat untuk terus bahu membahu bersinergi bekerja dengan Satgas TNI.


Seperti halnya bagi Kakek Udin (80) warga kampung Panyosogan, RT 002, RW 004 bekerja memecah batu dengan palu kemudian mengangkutnya ke lokasi pengerjaan pemadatan jalan. Diusianya yang sudah sepuh, tidak mematahkan semangatnya walaupun di bawah terik panas matahari kakek ini tetap semangat bejerja bersama Satgas TNI.


Rasa gembira saya tak tergambarkan karena kami akhirnya mempunyai jalan yang sejak dulu kami idamkan dan anak cucu kitapun akan merasakan manfaatnya,” ujar Kakek Udin di sela-sela pekerjaannya, sembari mengelap keringat yang membasahi wajahnyà, Minggu (12/07).


Bagi kakek Udin, tidak ada alasan baginya untuk tidak ikut andil dalam program TMMD ini, meskipun tenaganya tak sekuat waktu muda dulu, namun menurutnya apa yang bisa dibantu dan lakukan, dengan ikhlas dikerjakannya, ini merupakan salah satu cara berterimakasih kepada TNI menurutnya.


Larut dalam kebersamaan di usianya yang senja seakan membahagiakan hidupnya, canda tawa di sela kesibukan memecah batu, seakan bunyi-bunyian gamelan yang syahdu, tak terasa lelah, yang ada hanya sebuah harapan, gotong royong berdampingan dengan para prajurit adalah kebanggaan tersendiri baginya.


“Saya berharap semoga semangat gotong royong dan kebersamaan itu akan tetap ada dan kian kuat antara TNI dan Rakyat,” pungkasnya