Kadin Garut akan luncurkan program bantuan warung kecil di pedesaan
-->

Advertisement Adsense

Kadin Garut akan luncurkan program bantuan warung kecil di pedesaan

Frisca Friskilla
Jumat, 14 Agustus 2020


60menit.com, Garut - Di era new normal seperti sekarang ini, diharapkan media dapat memberikan informasi mengenai pembelajaran yang disampaikan secara On-line, baik kepada masyarakat maupun pada pelajar-pelajar dan mahasiswa yang ada di Kabupaten Garut.

Hal tersebut dikatakan oleh Ketua KADIN Kabupaten Garut, Yudi Nugraha Lasminingrat saat berbincang terkait penerapan new normal di era pandemi covid 19 di Kabupaten Garut yang berimplikasi terhadap semua sektor, baik ekonomi, sosial, budaya dan perilaku hidup masyarakat Kabupaten Garut.

“Peranan media yang ada di Kabupaten Garut jelas harus berperan aktif dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, secara masih dan positif, dan tentu saja didukung oleh fakta dan data yang dapat dipertanggungjawabkan,” ungkap Ketua KADIN.

Terkait dengan kondisi perekonomian di era pandemi ini, Yudi menjelaskan geliat perekonomian di Kabupaten Garut harus bangkit, pihaknya mengharapkan kepada para pelaku usaha untuk terus berinovasi dan mengembangkan sumber daya yang dimilikinya.

“Ini juga bagian dari tugas media, yakni mengembangkan apa kelebihan dari orang yang ada di Kabupaten Garut, juga kepekaan terhadap sosial di lingkungan masyarakat sendiri dan juga mensosialisasikan tentang protokol kesehatan,” lanjut Yudi.

Terkait program yang akan diluncurkan oleh KADIN Garut mengenai bantuan untuk warung-warung kecil terdampak Covid-19 yang ada di seluruh kabupaten Garut, Yudi menjelaskan pihaknya menyiapkan bantuan untuk satu warung senilai Rp 500 ribu.

"Kita sudah menyiapkan target untuk 1000 warung pertahun dari 421 desa yang ada dengan nilai bantuan Rp 500 ribu per warung, maka jika dijumlahkan didapatkan nilai 1.000 × 500.000 = 500 juta per tahun, dana tersebut berasal dari CSR Lasminingrat grup yang akan didistribusikan untuk pelaku usaha kecil yang ada di Kabupaten Garut," terangnya.

Kemudian lanjut Ketua KADIN warung- warung kecil tersebut nantinya akan mendapatkan pembinaan, juga akan mendapatkan pengembangan dan secara otomatis menjadi anggota Koperasi yang dibentuk oleh KADIN Garut.