Yudha Puja Turnawan ketua DPC PDI Perjuangan Garut mendukung pelatihan kader posyandu desa suci kaler
-->

Advertisement Adsense

Yudha Puja Turnawan ketua DPC PDI Perjuangan Garut mendukung pelatihan kader posyandu desa suci kaler

Wak Puji
Kamis, 27 Agustus 2020


60menit.com, Garut - Pemdes Suci kaler gelar kegiatan berupa pelatihan kader kesehatan di Sampireun resort Samarang Garut. Pelatihan Kader Kesehatan adalah sebagai bagian upaya menumbuhkembangkan Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang salah satunya adalah Posyandu.

Posyandu merupakan salah satu bentuk UKBM yang dikelola dan 
diselengarakan dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar, utamanya untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi. Oleh sebab itu, untuk mendukung pembinaan Posyandu diperlukan langkah-langkah edukasi kepada masyarakat antara lain dengan upaya peningkatan kapasitas kader melalui pelatihan kader Posyandu.


Ketua DPC PDI Perjuangan yang juga selaku Anggota Legislatif DPRD Garut fraksi PDI Perjuangan Yudha Puja Turnawan sebagai salah seorang pembicara dalam pelatihan tersebut menyambut baik kegiatan pelatihan yang diselenggarakan pemdes suci kaler. Kamis (27/08/2020)

"Saya selaku anggota DPRD Garut dan juga ketua DPC PDI Perjuangan sangat mendukung adanya pelatihan ini dan selaku anggota DPRD menyumbangkan uang tunai  kepada ketua PKK kelurahan sucikaler untuk menunjang kegiatan beberapa posyandu di kelurahan sucikaler karena banyak posyandu yang belum memiliki alat timbang dan sarana penunjang lainnya," 


Diharapkan dengan adanya pelatihan kader pos Yandu ini bahwa untuk meningkatkan kapasitas kader posyandu dengan materi-materi tentang kesehatan, terutama  teknis di posyandu dan Gizi.

“Dengan  pelatihan ini Agar kader – kader mampu melaksanakan upaya  meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama di wilayah Suci Kaler, Saya juga berharap kelurahan suci kaler bisa meningkatkan anggaran untuk posyandu di tahun 2021" pungkas Yudha.