Edukasi Pencegahan Covid-19, Pentingnya Mencuci Tangan dengan Benar
-->

Advertisement Adsense

Edukasi Pencegahan Covid-19, Pentingnya Mencuci Tangan dengan Benar

60 MENIT
Selasa, 01 Desember 2020

60menit.co.id | Yesika Damanik.

KKN COVID-19
"Edukasi Pencegahan Civid-19, Pentingnya Mencuci Tangan dengan Benar"

Oleh:
Yesika Damanik, Mahasiswa Universita Pendidikan Indonesia.

Saya Yesika Damanik, Nim 1705310 Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia berusaha sebaik mungkin untuk memberikan program kerja yang semaksimal mungkin dan membuat yang terbaik di Desa Sinar Naga Mariah. 

Dikarenakan kondisi yang tidak memungkin untuk kita bertemu dan mengadakan perkumpulan lebih dari 10 orang, maka di diskusikan tentang pelaksanaan program kerja ini melalui whatshapp ataupun google meet. 

Dalam KKN Tematik Covid-19 yang sedang melakukan sosialisasi pencegahan covid-19. Salah satu sosialisasi yang diberikan adalah cara mencuci tangan yang baik dan benar sesuai standar WHO, disini cara mencuci tangan yang baik adalah kita harus menerapkan langkahnya yaitu basuhi tangan dengan air mengalir, tuangkan sabun pasa tangan secukupnya untuk menutupi semua permukaan tangan, gosok telapak tangan yang satu ke telapak tangan lainnya, gosok punggung tangan dan sela jari, gosok punggung jari ke telapak tangan dengan posisi jari saling bertautan, genggam dan basuh ibu jari dengan posisi memutar, gosok bagian ujung jari ketelapak tangan agar bagian kuku terkena sabun, gosok tangan yang bersabun dengan air mengalir, keringkan tangan dengan lap sekali pakai. 



Sosialisasi ini ditujukan kepada masyarakat Desa Sinar Naga Mariah kecamatan Pamatang Silimahuta Kabupaten Simalungun. Tujuan dari kegiatan ini agar masyarakat tau pentingnya mencuci tangan dengan benar, bagaimana dampaknya jika tidak mencuci tangan dengan benar, supaya masyarakat desa sehat.


Pandemi covid-19 menyebabkan KKN Tematik kali ini dilaksanakan secara individu di desa masing-masing dengan tetap mematuhi SOP covid-19. 


Hal yang paling umum dilakukan di KKN Tematik Covid-19 ini adalah memberikan edukasi dan demonstrasi seputar covid-19 kepada masyarakat sekitar.


Sesuai dengan aturan covid-19 yaitu dirumah saja, maka mahasiswa KKN melakukan penyuluhan dengan mengunjungi rumah-rumah warga.

Setelah melakukan penyuluhan pencegahan Covid-19 dengan cara mengirimkan video informasi Covid-19 di sekitar meunasah. 

Pembagian Hand Sanitizer kepada warga. 

Disini juga memberikan edukasi dan demonstarsi pencegahan covid-19 secara offline untuk kalangan anak-anak dan lansia. Tak hanya itu, edukasi dan demontrasi secara online juga mereka dilakukan melalui media sosial.

Untuk program selanjutnya, mahasiswa KKN Covid 19 ini juga akan melakukan penyuluhan cara membuat hand sanitizer yang secara alami yang berasal dari daun sirih dan dibagikan kepada seluruh masayarakat sekitar. Program ini diharapkan dapat mendorong masyarakat agar lebih produktif dan mampu memanfaatkan sumberdaya yang dimiliki untuk kepentingan bersama.

Semua program yang dilakukan tersebut dibimbing oleh Nuur Wachid Abdulmajid, S.Pd., M.Pd. selaku dosen pembimbing lapangan. Kegiatan KKN Tematik Covid-19 ini berlangsung selama 30 hari terhitung sejak 17 November 2020 sampai 17 Desember 2020.