Bersihkan Sungai Cibodas Antapani, Satgas Sub 10-22 Terapkan Kepedulian Masyarakatnya
-->

Advertisement Adsense

Bersihkan Sungai Cibodas Antapani, Satgas Sub 10-22 Terapkan Kepedulian Masyarakatnya

60 MENIT
Jumat, 29 Januari 2021

60menit.co.id | Serka Rudi Irawan (Dansub 10 sektor 22 Citarum Harum) Bersihkan Sungai Cibodas Antapani, Jumat (29/01).

60MENIT.co.id, Bandung | Serka Rudi Irawan (Dansub 10 Sektor 22) Citarum Harum, membawa pasukannya membersihkan Sungai Cibodas wilayah Rw 09 Antapani Kidul Kecamatan Antapani, Jumat (29/01/2021).


Pembersihan sungai, Satgas Citarum berkolaborasi dengan kewilayahan Kelurahan Antapani Kidul yang menurunkan pasukan gober sebagai bentuk tanggung jawab terhadap kebersihan di wilayahnya. 


"Alhamdulillah eratnya kolaborasi dengan kewilayahan semakin kondusif, dengan giat seperti ini mudah mudahan nantinya jejak kami dari satgas citarum harum bisa terus berkelanjutan melalui masyarakat dan aparatnya," harap Rudi, kepada awak media. 


Untuk menyempurnakan tugas satgas Citarum Harum setelah pembersihan Sungai Cibodas, Serka Rudi membagi 2 tim pada anggotanya. 


Tim 1 menyebar melakukan patroli sungai sedangkan tim 2 melakukan komunikasi sosial (klmsos) dengan cara door ro door menghampiri warga yang sangat berhubungan dengan sungai. 



Gencarnya pasukan satgas sektor 22 di wilayah masing masing, adalah product knowledge yang tertanam sebagai TNI dalam melaksanakan tugas disiplin dan patuh lurus keatas menjalankan perintah atasannya. 


"Untuk tim 1 patroli sungai-sungai dan pengecekan tempat pembuangan limbah pabrik-pabrik yang berada diwilayah Sub 10 Sektor 22, sedangkan tim 2 melaksanakan komsos secara door to door, guna mensosialisasikan program citarum harum di wilayah Sub 10," ujar Rudi. 


Sosialisasi merupakan edukasi tata peduli lingkungan terhadap masyarakat supaya bisa merubah kebiasaan sehari harinya dalam mengelola sampah dan limbah jangan sampai mengotori sungai dan lingkungan. 


Terciptanya sungai yang bersih dan sehat sangat terpengaruh pada prilaku masyarakatnya, wujud edukasi yang disampaikan satgas sebagi arwah dari cita cita Peraturan Presiden No. 15 Tahun 2018, yaitu untuk pencapaian tujuan tersebut. 


"Seperti yang komandan bilang pada arahannya, bahwa kalo hanya karya bakti doang itu sangat mudah, maka kami setiap hari melakukan komsos dengan tujuan masyarakat makin mengerti tujuan adanya satgas Citarum Harum sebagai harapan dari masyarakat yang lebih banyak," tutupnya. 


(zho)