Pastikan Patuhi Aturan, Serka Agung Purnama (Bamin Sektor 22) Ceking IPAL Heni Chatering
-->

Advertisement Adsense

Pastikan Patuhi Aturan, Serka Agung Purnama (Bamin Sektor 22) Ceking IPAL Heni Chatering

60 MENIT
Rabu, 13 Januari 2021

 

60menit.co.id | Serka Agung Setia Purnama, S.E., (Bamin Sektor 22 Citarum Harum) mengecek IPAL Heni Chatering, Antapani Kidul, Rabu (13/01/2021).

60MENIT.co.id, Bandung | Bamin Sektor 22 Citarum Harum, Serka Agung Setia Purnama, S.E., mengecek progres optimalisasi pengolahan air limbah di Heni Chatering, yang beralamat di Jalan Cibodas Kelurahan Antapani Kidul Kecamatan Antapani. 


Menurutnya kegiatan ini dilakukan tidak lain untuk melihat upaya dan niat serta itikad baik dari pelaku usaha setelah kita laksanakan sidak beberapa bulan ke belakang.


"Kita ketahui bersama, begitu banyak permasalahan di wilayah Sektor 22, ya salah satunya permasalahan pencemaran limbah domestik. Bukan hanya dari industri namun dari domestik yaitu UMKM, hotel, cafe dan restoran," jelas Agung. 


Pencemaran domestik ini memang tidak terlihat langsung namun pada terasa beberapa waktu ke depan yang berdampak fatal bagi generasi kita.


Dan ini sudah tahun ke 3 kita melaksanakan tugas menormalisasi dan menata Daerah Aliran Sungai (DAS), selain memberikan pemahaman satgas pun langsung memberikan anjuran dengan segera membangun IPAL nya. 


"Saat ini masyarakat dan pelaku usaha belum sadar adanya masalah besar di lingkungan. Kita pecut mind set mereka untuk paham akan hal tersebut, selanjutnya optimalisasi agar bisa menyeimbangkan sisi ekonomi dan sisi ekologi," faham Agung.


Agung menuturkan, para pelaku usaha kami bekali Peraturan Menteri LHK RI No. 68 tahun 2016 tentang Baku Mutu Air Limbah Domestik sebagai acuan dalam melaksanakan optimalisasi. 


"Semoga program Citarum Harum itu segera terselesaikan dan ini semua tidak bisa digarap oleh baju loreng atau TNI tapi seluruh lapisan elemen baik itu dari kita sendiri, dinas terkait, unsur kewilayahan dan yang paling utama adalah masyarakat serta pelaku usaha," tutup Agung. 


(zho)