Upaya Hindari Pencemaran, Satgas Sektor 22 Sub 16 Rutin Produksi Kompos
-->

Advertisement Adsense

Upaya Hindari Pencemaran, Satgas Sektor 22 Sub 16 Rutin Produksi Kompos

60 MENIT
Minggu, 24 Januari 2021

T
60menit.com | Tampak anggota Satgas Sub 16 sektor 22 sedang memindahkan kotoran sapi ke tempat pembuatan kompos, Minggu (24/01/2021).

60MENIT.co.id, Lembang | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 16 membuat Pupuk Kompos, sebagai upaya pemanfaatan kotoran hewan (Kohe) dan mengurangi pencemaran sungai, Minggu (24/01/2021). 


Bertempat di kp. Pasirwangi Desa Gudang Kahuripan Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat (KBB), kompos setip minggu diproduksi. 


Dansub 16 sektor 22 (Serma Eppy Nana Rukmana) memimpin pada pelaksanaanya, bahwa fungsi pembuatan kompos di lokasi ini adalah sebagai upaya pengurangan pencemaran kohe di Sungai Cibeureum.


Masih banyaknya kandang sapi yang belum terarah pada pembuatan Ipal yang benar, Pemerintah KBB masih berupaya menyelesaikan permaslahan ini, hingga Dansektor 22 Citarum Harum mengusungnya ke tingkat Kementrian, supaya kelumit Kohe di Kecamatan Lembang cepat diselesaiakan. 


Pada kesempatan itu Dansub 16-22 mengatakan, sekarang sudah banyak berkurang ditingkat pencemaran, banyaknya kohe yang dulu banyak dibuang bebas ke aliran parit.


"Saat ini kohe sudah mulai ada yang memanfaatkanya, selain kami membuat kompos, ada juga sebagian masyarakat yang memanfaatkan dengan peternak Kascing dan produksi batu bata dan solusi lain yang datangnya dari KPSBU," jelas Epi. 


Secara bertahap namun berjalan, warga kelompok peternak sudah melakukan pengurangan daya cemar.


"Untuk lebih serius lagi pada upaya ini kami masif melakukan sosialisasi di wilayah sub 16, kami sampaikan kepada warga diantaranya bersama bpk Acep, bpk Gun Gun, bpk Rojak dan bpk Abdurrohim. Mengimbau agar tidak buang sampah ke sungai dan bisa memilah sampah dari rumah, yang bisa di manfaatkan kembali," katanya. 


(zho)