Kolonel Eppy Gustiawan Bersama Alumni ITB '95, Hijaukan Wetland Park Dengan Bambu Daya
-->

Advertisement Adsense

Kolonel Eppy Gustiawan Bersama Alumni ITB '95, Hijaukan Wetland Park Dengan Bambu Daya

60 MENIT
Sabtu, 20 Februari 2021

60menit.co.id | Kol. Inf. Eppy Gustiawan, S.I.P., (Dansektor 22 Citarum Harum) menanam Bambu Daya di wetland park. Cibiru, Sabtu (20/02/2021).

60MENIT.co.id, Bandung | Kol. Inf. Eppy Gustiawan, S.I.P., (Danssktor 22 Citarum Harum) bersama Alumni ITB 1995 melakukan penanaman pohon di Wetland Park Kelurahan Cisurupan Kecamatan Cibiru merupakan wilayah KBU di Kota Bandung, Sabtu (20/02/2021).

Pada sambutannya, Kolonel Eppy Gustiawan mensosialisasikan program Citarum Harum di wilayah kerjanya, rasa terimakasihnya kepada Alumnus ITB '95, atas perhatian terhadap lingkungan merupakan bentuk aksi yang patut ditiru oleh kaum pentahelix lainya. 

"Sebuah aksi yang jelas sebagai karya nyata yang dilakukan oleh Alimni ITB '95 pada pelestarian alam yang butuh tanaman keras, yaitu supaya bisa mengembalikan sumber air tanah yang telah lama hilang," jelas Eppy. 


Pada sosialisasi tersebut Kolonel Eppy lebih menerangkan terkait permasalahan di wilayah KBU, yaitu viralnya lahan kritis yang disebabkan karena alih fungsinya kawasan hutan menjadi kawasan pertanian. Sehingga indeks kwalitas lingkungan hidup tidak seimbang, yang sering menyebabkan bencana di Bandung Raya. 

Menurut Kolonel Eppy, Salahsatu kinerja Satgas Sektor 22 Citarum Harum adalah meningkatkan indeks kwalitas lingkungan hidup, ada 3 (tiga) unsur, yaitu indeks kwalitas air, indeks kwalitas udara dan indeks tutupan lahan, dengan menanam maka akan meningkatkan indeks kwalitas tutupan lahan.

Eppy pun sangat berharap pada para penggarap lahan di KBU, supaya memerhatikan teras sering dengan membuat sabuk hutan dipinggiran teras sering harus ditanam pohon caliandra, sehingga bahaya aliran air hujan akan tertahan oleh sabuk sabuk hutan dan bisa meresap ke dalam tanah. 

"Tanaman pada sabuk hutan bisa menggunakan pohon Caliandra, yang kami terapkan disana adalah tanaman keras jenis buah buahan, maka KBU kedepannya diharap bisa memiliki gelar Kawasan Wisata Buah Unggulan, yang penting masyarakat KBU bisa sejahtera" tutup Eppy.


Alumnus ITB Angkatan 1995 dengan peluncuran program Bambu Daya, dengan tema "Bambu Untuk Indonesia : Sedekah Udara dan Air" bermuatan penanaman pohon bambu merupakan gerakan utama.

Panitia Alumni ITB '95, Achsan Bashori Al-Alam, S.T., mengatakan, "Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Alumni ITB angkatan 1995, yaitu program penanaman dengan target 95.000 bibit bambu, di Provinsi Jawa Barat dan beberapa daerah lainnya di Indonesia," ucapnya

Menurutnya bahwa program ini dirancang sebagai sebuah kegiatan yang berkelanjutan, bertujuan menjaga keberlangsungan alam serta memberdayakan penduduk setempat melalui pendampingan dan pelatihan pemamfaatan bambu oleh Akademi Bambu Nusantara.

"Kami mendapat kepercayaan dari Bp. Dansektor 22, untuk bergerak bersama sama dengan tujuan koservasi dibidang pelestarian lingkungan hidup" jelas Achsan.

(zho).