Serius Pencapaian ODF, Pemkot Bandung Undang Dansektor 22 Citarum Harum Jadi Pemateri
-->

Advertisement Adsense

Serius Pencapaian ODF, Pemkot Bandung Undang Dansektor 22 Citarum Harum Jadi Pemateri

60 MENIT
Senin, 22 Maret 2021

60menit.com | Kol. Inf. Eppy Gustiawan (Dansektor 22 CH) pada rapat kerja percepatan pencapaian 100% ODF, Savoy Homan, Senin (22/03/2021).

60MENIT.com, Bandung | Rapat kerja (Raker) percepatan pencapaian open defication free (ODF) di kewilayahan Pemkot Bandung, Kol. Inf. Eppy Gustiawan (Dansektor 22 Citarum Harum) hadir menjadi pemateri, Senin (22/03/2021).


Kegiatan yang diprakarsai oleh Pemkot Bandung, menghadirkan Umi Oded (Siti Muntamah), Dansektor 22 Citarum Harum, Bappelitbang, DKK,  Dispertankim, Tirta Wening dan BP4 Kota Bandung, bertempat di Hotel Savoy Homan yang diikuti oleh para lurah dan camat.


Bebas ODF adalah sebuah cita cita dari Pemkot Bandung, yaitu sungai yang terbebas tinja manusia sehingga menuntut kepada masyarakat harus memiliki Septick Tank di masing masing rumahnya. 


"Percepatan ODF oleh pemerintah Kota Bandung, merupakan arahan kepada tiap kewilayahan supaya bisa membimbing masyarakat, terutama mereka yang bertempat tinggal di wilayah area sungai supaya tidak lagi membuang tinjanya ke sungai," ucap Kolonel Eppy Gustiawan diselasela kegiatan Raker di Savoy Homan, Senin (22/03/2021).


Kelumit bagi pemkot Bandung pada pencapaian ini adalah daerah kumuh sepanjang bantaran sungai, mereka hanya mendiami rumah yang sempit tidak memiliki lahan untuk dibangun septick tank. Solusinya adalah membuat septick tank komunal yang difasilitasi pemerintah. 


"ini pun kami perlu mencari lahan dilingkungannya yang serba sempit karena penuh oleh hunian, bilapun ada kami harus belanja barang (lahan) dengan anggaran yang tidak ada koderekeningnya," ulas Yusuf Apandi, Lurah Cigondewah Kulon.


Semua pemateri yang terdiri dari Dansektor 22, Umi Oded, Bapelitbang, Dinkes, Ketua Paguyuban Camat Kota Bandung (Firman Nugraha) terpokus pada goal yang diprogramkan dengan segera mungkin. 



Disperkimtam yang turut hadir pada Raker ini segera menjadwalkan data inpentarisir lahan yang ada sebagai ajuan untuk menjadi pendukungan 100% ODF.


Dansketor 22 Citarum Harum sudah melakukan upaya 100% ODF, melalui sosialisasi yang bertemakan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Hunting terbesar adalah peserta didik di tiap kampus yang berdekatan ke wilayah sungai, baik tingkat SD, SLTA maupun tingkat Perguruan Tinggi disamping door to door ke tiap kelurahan dan lembaga lainnya. 



Keseriusan Pemkot Bandung untuk pencapaian ODF ditargetkan pada Tahun 2020, kini melalui percepatan pencapaiannya di Tahun 2021.


"Sebenarnya secara otomatis program ini salah satu ruh dari Perpres 15/2018 yang ada di program Citarum, solusi yang kami lakukan di tahun tahun kemaren itu murni sebagai jadwal dari satgas," imbuh Kolonel Eppy. 


Pencapaian 100% ODF adalah harapan dari para pihak, Pemkot Bandung semangat tinggi berkolaborasi dengan satgas Citarum Harum yaitu persamaan tujuan dalam program. Berawal dari 100% ODF sebuah rangakain untuk suksesi di Program Bebas Stunting. 


(zho)