Kolonel Hudiono, Gencar Sosialisasi Program Citarum Harum di Kecamatan Pacet
-->

Advertisement Adsense

Kolonel Hudiono, Gencar Sosialisasi Program Citarum Harum di Kecamatan Pacet

60 MENIT
Sabtu, 10 April 2021

60menit.co.id Kol. Kav. R. Ahmad Hudiono, S.Pd., (Dansektor 03) Citarum Harum melakukan sosialisasi di Desa Cikawao Kecamatan Pacet, Sabtu (10/04/2021).

60MENIT.co.id, Kab. Bandung | Kol. Kav. R. Ahmad Hudiono, S.Pd., (Dansektor 03) Citarum Harum, kembali melakukan sosialisasi di Desa Cikawao Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung, Sabtu (10/04/2021).


Dansektor 03 lebih memaparkan tentang keberadaan kondisi wilayah Gunung Manik, sebagai tempat perkampungan di Kecamatan Pacet dalam kondisi kritis dari pohon tanaman keras. 


Menururt Dansektor 03, hal ini disebabkan dengan adanya alih fungsi lahan, dari lahan hutan menjadi lahan pertanian. 


"Kritisnya lahan di wilayah kec. Pacet yang terdiri beberapa desa termasuk Desa Cikawao, itu disebabkan oleh masyatakat itu sendiri yang mengolah lahan hutan menjadi lahan pertanian," ujar Hudiono, panggilan akrab Dansektor 03.


Antusias Masyarakat Ikuti Sosialisasi dari Dansektor 03 Citarum Harum (Kol. Kav. R. Ahmad Hudiono, S.Pd.,)


Adalah merupakan mata pencaharian masyarakatnya dari hasil pertanian yang menjadi sumber kebutuhan hidup sehari hari.


Rusaknya hutan di area Pegunungan Manik karena alih fungsi lahan, maka mengkibatkan longsor dan erosi sehingga longsoran menjadi sedimentasi yang menutupi Daerah Aliran Sungai di wilayah setempat. 


"Kami dari satgas Citarum Harum, harus mengembalikan fungsi sungai ke kodrat yang sebenarnya. Maka perlunya penghijauan ini untuk menghindari terjadinya bencana bencana tersebut," imbuh Hudiono. 


Pemateri Sosialisasi, Kol. Kav. R. Ahmad Hudiono, S.Pd., didampingi aparat kewilayahan.


Gerakan yang dilakukan oleh Dansektor 03 mendapat dukungan dan antusias warga, yang di awali dan suport dari Kepala Desa Cikawao Kecamatan Pacet.


"Kami sangat berterimakasih kepada para pihak yaitu warga dan Kepala Desa Cikawao, yang sudah menyambut baik pada program citarum harum, karena saat inilah kita mulai berbuat untuk menyelamatkan alam yang kita cintai," kata Hudiono. 


Hal senada disampaikan pula oleh Kepala Desa Cikawao (Aan, S.Pd.,) yang menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Dansektor 03, bahwa tindakan yang dilakukannya akan didukung kuat oleh semua watganya.


Masyarakat berjibaku pada program Citarum Harum di Sektor 03

"Kami sangat mendukung atas tindakan Bapak Dansektor 03, karena hal ini merupakan penyelamatan bagi alam wilayah lami, secara spontan melakukan penyelamatan warga kami juga," kata Aan. 


Program Citarum Harum yang menggiring masyarakat untuk mencintai alam, yang menggerkan pasukan TNI kini mualai begerilya. Baik pada kampanye peduli lingkungan maupun melalui tindakan langsung di lapangan dengan penanaman pohon maupun pembersihan sungai.


(zho)