Komunikasi Sosial Satgas Sektor 22 Sub 12, Ade Sukmana : Masyarakat Butuh Pengertian Untuk Peduli Sungai
-->

Advertisement Adsense

Komunikasi Sosial Satgas Sektor 22 Sub 12, Ade Sukmana : Masyarakat Butuh Pengertian Untuk Peduli Sungai

60 MENIT
Minggu, 04 April 2021

60menit.com | Satgas sektor 22 sub 12 Citarum Harum sedang melakukan komunikasi sosial door to door kepada masyarakat, Minggu (4/04).

60MENIT.CO.ID, Bandung | Hari ini satgas sektor 22 sub 12 yang dipimpin Peltu Ade Sukmana, melakukan komunikasi sosial kepada masyarakat dan patroli sungai yang ada di wilayah sub 12, Minggu (4/04/2021).


Peltu Ade Sukmana, mengatakan bahwa agenda khusus hari ini pasukannya tidak turun ke sungai, karena target pembersihan baik sampah maupun rumput liar tidak terpantau banyak.


"Secara pantauan melalui patroli sungai yang dilaksanakan kemaren sore bahwa wilayah kerja sub 12 tidak ada hal yang menonjol untuk pembersihan sampah maupun rumput liar, maka kami jadwalkan di hari ini kita membagi tugas dengan anggota untuk sosialisasi citarum harum dan patroli sungai," ujar Ade Sukmana. 


Semua yang dilakukan satgas sektor 22 di lapangan memiliki kepentingan yang sama, yaitu menuju marwah suksesi sungai yang bersih dan sehat. 


Menurut Ade Sukmana justru lebih penting melakukan sosialisasi dengan masyarakat untuk tujuan diatas, karena kotor dan rusaknya tata kelola sungai akibat dari prilaku masyarakat, maka edukasi untuk mengembalikan peradaban yang sehat perlunya paradigma yang positif dari warga itu sendiri. 


"Menurut saya sih masyarakat murni butuh pengertian pada penciptaan sungai yang bersih, saya yakin mereka ini sudah mengerti namun pengertian untuk berbuat yang masih kurang maka sungai jadi rusak, karena mereka ini murni sebagai pelaku sekaligus penerima manfaat dari kebaikan sungai dan lingkungannya," kata Ade Sukmana.


Patroli Sungai. 

Untuk mencapai tujuan ini satgas citarum harum sektor 22, intensifkan sosialisasi door to door ketiap warga yang berada dilingkungan sungai supaya lebih iba terhadap kebersihan sungai dan lingkungannya.


Melaksanakan Komsos kepada warga tentang larangan tidak buang sampah sembarangan dan mensosialisasikan program Citarum Harum, satgas melakukannya kepada para tokoh yang berpengaruh dilibgkungannya. 


"Kami datangi beberapa tokoh masyarakat di masing masing wilayah, yaitu ada Bapak Anwar, Bapak Zaki, Bapak Hendro, Bapak Gunawan, Bapak Herman dan Ibu Zakiah, bersama mereka pesan sosial yang kami sampaikan diharap sampai pula kepada masyarakat lainnya," masih kata Ade Sukmana. 


Satgas Sub 12 sebagaian lagi melaksanakan patroli  sungai di wilayah sub 12, yaitu selain menindak pembuang sampah ke sungai bila ada, juga untuk mencari skala prioritas pembersihan esok harinya.


(zho)