Masuki Daerah Padat Penduduk, Satgas Sektor 22 Sub 13 Bersihkan Sedimen Tutupi Saluran
-->

Advertisement Adsense

Masuki Daerah Padat Penduduk, Satgas Sektor 22 Sub 13 Bersihkan Sedimen Tutupi Saluran

60 MENIT
Sabtu, 03 April 2021

60menit.com | Anggota satgas Citarum Harum sektor 22 sub 13, membersihkan saluran penduduk di Kel. Cibaduyut Kec. Bojongloa Kidul, Sabtu (3/04/2021).

60MENIT.CO.ID, Bandung | Telusuri gang sempit trotoar yang memasuki perumahan penduduk di Kelurahan Cibaduyut Rw. 01 Bojongloa Kidul, Satgas Citarum Harum sektor 22 sub 13 dipimpin Sertu Dwi Bhakti (Dansub 13) mengeruk selokan yang dipadati sedimentasi, Sabtu (3/04/2021) 


Wilayah padat penduduk, saluran dibangun trotoar dijadikan jalan bagi warganya, maka pantas saluran tidak terpantau tingkat kebersihannya. 


Menurut Sertu Dwi Bhakti, bahwa wilayah yang sempit dipadati penduduk ini merupakan daerah langganan banjir jika musim hujan. 


"Ketika jadwal patroli sungai namun penasaran ingin memasuki ke daerah padat penduduk yang sering tergenang air, setelah disurvay ternyata saluran ini tertutup oleh macam macam sampah," ujar Dwi. 



Satgas Citarum Harum sektor 22 diamanatkan oleh Dansektor (Kol. Inf. Eppy Gustiawan) supaya lebih memerhatikan mitigasi kepada warganya, dengan membimbing ataupun menuntun paradigma supaya lebih meningkatkan kebersihan lingkungan. 


Pembersihan selokan dareah padat penduduk, menurut Sertu Dwi, yaitu merupakan kampanye moral supaya warga bisa terbawa dengan sikap yang dilakukan satgas pada pembersihan saat ini. 



"Kebanyakan sedimentasi yang kami bersihkan, mungkin sampah domestik yang membusuk tertimbun lumpur menjadi padat, sehingga air selokan terhambat," imbuh Dwi. 


Perlakuan pembiaran oleh warga terhadap lingkungan yang berdampak buruk yaitu tidak berfungsinya saluran air karena tertutup sampah domestik, hal ini merupakan penurunan moral warganya, sehingga dibutuhkan steakholders untuk memotifasi dan edukasi warga. 


Sertu Dwi melanjutkan sosialisasi kepada warga, berupa ajakan perlakuan bersih terhadap lingkungannya, yaitu memelihara kebersamaan dalam pemeliharaan lingkungan supaya bersih dan sehat.


(zho)