Peltu Ade Rapiudin, Pembersihan Lanjutan di Sungai Cikapundung Hegarmanah Didominasi Sampah Liar
-->

Advertisement Adsense

Peltu Ade Rapiudin, Pembersihan Lanjutan di Sungai Cikapundung Hegarmanah Didominasi Sampah Liar

60 MENIT
Jumat, 09 April 2021

60menit.co.id | Satgas Sektor 22 sub 08 membersihkan sampah di Sungai Cikapundung, wilayah Rw. 11 Kel. Hegarmanah Kec. Cidadap, Jumat (9/04/2021).


60MENIT.com, Bandung | 140 Kg sampah terangkat dari sepanjang 50M Sungai Cikapundung, oleh Satgas Citarum Harum sektor 22 sub 08 di wilayah Rw. 11 Kelurahan Hegarmanah Kecamatan Cidadap, yang dipimpin oleh Dansub Peltu Ade Rapiudin, Jumat (9/04/2021).


Pembersihan kali ini merupakan lanjutan dari pembersihan kemaren, menurut Peltu Ade Rapiudin (Dansub 08-22) karena masih banyak yang harus dibersihkan maka tindak lanjut di hari ini sampah harus semua diangkat. 


"Ditakutkan menjadi hal yang merugikan tatanan wilayah maka kami menindak lanjut pembersihan di wilayah ini, karena sampah liar masih terlihat banyak," ujar Dansub 08.


Satgas Citarum Harum sektor 22 terus bergerilya pada pembersihan sungai maupun mensosialisasikan pola hidup bersih dan sehat, secara door to door kepada masyarakat yang erat berhubungan dengan sungai. 


Paradigma masyarakat secara perlahan berubah, hijrah pada prilaku yang membaik. Dimungkinkan ada masyarakat yang jauh dari jangkauan sungai dan belum tersentuh edukasi oleh satgas citarum harum. 


"Saya sangat menyayangkan kepada warga yang masih membuang sampah ke sungai, jelas akan kami tindak OTT jika kepergok membuang, tapi mungkin juga yang membuang ini warga pelosok yang jauh dari jangkauan sungai dan memang belum mendengar program Citarum Harum," tambah Ade. 



Semua warga yang ada di bantaran sungai sudah dilakukan sosiailisasi dengan edukasi supaya mereka tidak membuang sampahnya ke sungai. Satgas sektor 22 door to door setiap hari melakukan komunikasi sosial. 


"Hari ini saja kami melakukan komunikasi sosial giliran di Rw. 11 Kelurahan Hegarmanah Cidadap, dengan materi tindakan program Citarum Harun, kepada para tokoh yang berpengaruh dilingkungannya, yaitu dengan, Pak Dion, Pak Aat, Pak Yusep, Pak Kandi, Bu Oneng, Bu Marni dan Bu Iyoh," kata Ade. 


(zho)