Satgas Sektor 22 Sub 07, Sungai Cibeureum Adalah Marwah Peradaban Warganya
-->

Advertisement Adsense

Satgas Sektor 22 Sub 07, Sungai Cibeureum Adalah Marwah Peradaban Warganya

60 MENIT
Kamis, 01 April 2021

60menit.com | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 07, membersihkan Sungai Cibeurem wilayah hulu (terusan Curug Sigay) di Kelurahan Isola Kec. Sukasari, Kota Bandung, Kamis (1/04/2021).

60MENIT.co.id, Bandung | Peltu Bayu Dwi Cahyadi, Dansub 07 sektor 22 Citarum Harum melanjutkan pembersihan hulu Sungai Cibeureum tepatnya terusan Curug Sigay, di Kelurahan Isola Kecamatan Sukasari Kota Bandung, Kamis (1/04/2021).


Peltu Bayu Dc. mengatakan bahwa pembersihan hulu Sungai Cibeureum terusan Curug Sigay harus dilanjutkan, karena sampah yang berlebihan banyaknya di lokasi Curug hingga luber ke darat. 


"Sampah yang tertampung di Curug Sigay ternyata berserakan dan terbawa arus sungai ke aliran berikutnya. Maka pembersihan ini hatus dilanjutkan," ujar Bayu. 


Air sungai pastinya terus mengalir dan memuat sampah yang ada, bila dibiarkan bisa berbahaya terutama menurunkan tingkat peradaban warganya. 


Bersih dan kotornya sungai maupun lingkungannya merupakan predikat peradaban masyarakat itu sendiri, disitu bisa mengangkat pula harkat dan martabat masyarakatnya. 


"Kami selalu melakukan komunikasi sosial kepada masyarakat door to door, guna mensosialisasikan program Citarum Harum dengan harapan paradigma masyarakat bisa berubah ke hal yang lebih baik lagi," imbuh Bayu. 


Bayu menambahkan bahwa giat satgas pada pembersihan sungai merupakan kampanye moral, supaya masyarakat tersentuh hingga bisa meningkat kepeduliannya terhadap kebersihan sungai dan lingkungan. 


Pembersihan hulu Sungai Cibeureum di terusan Curug Sigay, satgas bisa mengakat sampah yang tidak sedikit.


Namun demikian, Peltu Bayu dan pasukannya terus bergerilya sebagai upaya mengembalikan citra sungai yang bersih dan sehat, sehingga ruh Perpres 15/2018 bisa cepat tercapai, yaitu Sungai bisa jadi sumber hidup dan penghidupan umat di dunia. 


(zho)