Buku Komandan Frans Karangan akan Dibedah di Makassar
-->

Advertisement Adsense

Buku Komandan Frans Karangan akan Dibedah di Makassar

60 MENIT
Senin, 31 Mei 2021

60menit.co.id Foto Koleksi Jurnalis Makasar

60MENIT.co.id, Jakarta | Setelah mendapat sambutan positif saat diluncurkan di Jakarta, 28 Mei 2021 lalu, rencananya buku 'Komandan Frans Karangan Dalam Gejolak Sejarah' akan dibedah di Makassar. Bila tak ada aral melintang, acara bedah buku akan dilaksanakan akhir Juni atau awal Juli 2021.


Hal itu disampaikan penulis buku tersebut, Sili Suli, saat dihubungi Minggu kemarin (30/5), via ponselnya. Menurutnya, sudah ada pihak yang meminta agar bedah buku diadakan di Makassar. Namun ada pula yang berharap agar kegiatan tersebut diadakan di Rantepao, mengingat perjuangan Frans Karangan merupakan salah satu kenangan sejarah yang patut diketahui oleh generasi muda Toraja.


"Mau diadakan di Makassar atau Rantepao, tidak ada masalah. Tetapi menurut saya, kemungkinan besar akan diadakan lebih dahulu di Makassar, sebab dari kalangan pemuda sudah cukup antusias untuk membedah buku ini," ungkap Sili Suli. 


Salah satu hal keteladanan utama dalam buku ini, tambah Sili Suli, adalah semangat dan kesetiaan Frans Karangan sebagai Prajurit TNI dalam membela NKRI. Hal itu dibuktikan Frans Karangan ketika mengemban tugas untuk menumpas pemberontakan DI-TII maupun Permesta. Semua tugas tersebut dilaksanakan dengan penuh rasa tanggungjawab sebagai bentuk kesetiaan dan loyalitasnya terhadap bangsa dan negara. 


(Tommy Tiranda)