Dorong 100% ODF, Peltu Bayu Dansub 07 Sektor 22 Motifasi Warga
-->

Advertisement Adsense

Dorong 100% ODF, Peltu Bayu Dansub 07 Sektor 22 Motifasi Warga

60 MENIT
Minggu, 23 Mei 2021

60menit.co.id Peltu Bayu Dc. (Dansub 07 - 22 Citarum Harum) menghadiri rapat koordinasi pembangunan Ipal Komunal, Minggu (23/05/2021). 

60MENIT.co.id, Bandung | Peltu Bayu Dc. Selaku Dansub 07 sektor 22 Citarum Harum, menghadiri rapat koordinasi tentang diawali pembangunan Ipal Komunal, di Kelurahan Gegerkalong Kecamatan Sukasari, Minggu (23/05/2021).


Maraknya pembangunan seftick tank komunal (Ipal Komunal) di Kota Bandung, merupakan program pemerintah sebagai upaya meniadakan pencemaran tinja manusia di sungai dengan program 100% Open Deficatiin Free (ODF).


Menurut Peltu Bayu bahwa tingakat pencemaran sungai yang disebabkan kotoran manusia yang tengah terjadi sudah mencapai tingkat akut. 


"Hal ini terbukti kandungan bakteri ekoli di sungai yang ada di Kota Bandung sangat tinggi, sehingga kondisi air sungai ini tidak sehat jika digunakan oleh masyarakat," jelas Bayu. 


Pasca rapat Peltu Bayu menjelaskan lebih jauh lagi, yaitu inti dari rapat tersebut anggota masyarakat sangat berterimakasih dan mendukung program pemerintah untuk mengurangi jumlah ODF di wilayah Kelurahan Gegerkalong khususnya RW 06.


"Saya sebagai ketua KSM sangat berterimakasih atas dipercayanya RW 06 untuk membangun spitank komunal," kata Ketua KSM Gegerkalong (H. Eden).


Disamping itu Lurah Gegerkalong (Beben) memaparkan pentingnya Rapat Koordinasi ini sangat penting bagi warga, yaitu supaya mengetahui warga mana saja yang tertampung tinjanya di Ipal Komunal. 


"Sebelum dimulainya pembangunan septick tank komunal di Kelurahan Gegerkalong masyarakat sebagai penerima manfaat harus mengetahui, umumnya semua warga bantaran sungai, karena ada warga yang tidak mendapat bagian sebab area lahan yang tidak ada," kata Deden. 


Tujuan Lurah Gegerkalong yaitu secara rinci warga yang tidak bisa dibangunkan seftick tank komunal sedangkan mereka masih membuang tinjanya ke sungai supaya secepatnya membangun secara mandiri. 


"Saya yakin merekapun bisa membangun sendiri di rumahnya dan ini merupakan motifasi bagi yang lain," imbuh Beben. 


Peltu Bayu Dc. Menyarankan, supaya warga yang lain bersemangat dengan segera membangun seftick tank di rumahnya, maka perlu imbauan dari aparat kewilayahan, terutama dari Ketua Rt dan Ketua Rw supaya bisa memotifasi. 


Rapat ini dihadiri oleh Lurah Gegerkalong (Beben), ketua KSM (H Eden), Ketua RW 06 (Dian) bersama tokoh masyarakat setempat.


(zho)