Layaknya Sungai Antah Brantah, Satgas Sub 13 Sektor 22 Rapihkan di Anak Sungai Citepus
-->

Advertisement Adsense

Layaknya Sungai Antah Brantah, Satgas Sub 13 Sektor 22 Rapihkan di Anak Sungai Citepus

60 MENIT
Selasa, 11 Mei 2021

60menit.co.id Layaknya Sungai Antah Brantah, Satgas Sub 13 Sektor 22 pada Rapihkan Anak Sungai Citepus, Selasa (11/05/2021).


60MENIT.co.id, BandungSagas sub 13 sektor 22 Citarum Harum, bersama Gober membersihkan anak Sungai Citepus Rw 06 Kelurahan Mekarwangi Kecamatan Bojongloa kidul, Selasa (11/05/2021).


Bantaran sungai wilayah perkotaan sudah biasa terabaikan pembersihan dan pemeliharaannya, karena lokasi yang tidak muncul di permukaan kota itu sendiri.


Sertu Dwi Bhakti, Dansub 13/22 mebawa pasukannya untuk bergerak pada pbersihan bantaran anak sungai yang penuh ditumbuhi rumput liar. 


"Sepintas kita lewat, lokasi ini seperti bukan sungai, soalnya permukaan sungai tertutup dipenuhi rumput liar," kata Dwi. 


Maraknya pembersihan sungai oleh satgas sektor 22 citarum harum, makin menjurus pada tata kelola sungai.


Tindakan pada pembersihan rumput liar bantaran sungai, kirmir sungai bahkan pengangkatan sedimentasi sungai. Hampir dilakukan di tiap sub satgas sektor 22 disamping terkenal pada penertiban sungai.


"Pemeliharaan kebersihan sungai ini kita mencakup pada limbah kimia dan domestik termasuk rumput liar, namun saat ini kami lebih ke pembersihan rumput liar dan sedimentasi," tambah Dwi. 



Anak sungai seperti ini mesti dilakukan penataan ulang, terutama normalisasi sungai supaya drainase bisa nerjalan akurat dengan kondisi sungi yang tidak memprihatinkan warga.


Seperti yang kita lihat, anak sungai citepus wilayah ini tidak memiliki kodratik sungai, karena pembangungan drainase sebagai tata kelola sungai belum dilalukan pemerintah.


"Kondisi sungai seperti ini mudah diterjang banjir jika hujan itensitas tinggi, soalnya tidak ada TPT juga seperti adanya pembiaran dari aparat terkait." ujar Dwi. 


Satgas Citarum Harum tegak lurus ke atas pada disiplinisasi etika kerja, sehingga jenis apapun yang ada di lapangan asal memang sesuai program Citarum Harum pastinya akan diselesaikan. 


(zho)