Motifasi 100% ODF, Kolonel Eppy Gustiawan Hadiri Pembanguan Seftick Tank Komunal di Karang Pamulang
-->

Advertisement Adsense

Motifasi 100% ODF, Kolonel Eppy Gustiawan Hadiri Pembanguan Seftick Tank Komunal di Karang Pamulang

60 MENIT
Senin, 24 Mei 2021

60menit.co.id Kol. Inf. Eppy Gustiawan (Dansektor 22 Citarum Harum) menghadiri pembuatan Ipal Komunal di Kel. Karang Pamulang, Senin (24/05/2021).

60MENIT.com, Bandung | Dansektor 22 Citarum Harum (Kol. Inf. Eppy Gustiawan) menghadiri pembanguanan Perdana Septik Tank Komunal di Wilayah Rt. 06 Rw. 03 Kelurahan Karang Pamulang Kec. Mandalajati Kota Bandung. Senin (24/5/2021). 


Kegiatan tersebut dalam rangka memaksimalkan sistem pengolahan air limbah tinja yang berskala lingkungan dengan tujuan sebagai upaya mewujudkan kualitas air tanah serta mendukung program Bandung Kota Sehat.


Lurah Karangpamulang, Dadang Hermawan menyampaikan Pembangunan IPAL Komunal merupakan bantuan dari kementerian PUPR senilai 500 juta sebagai program sanimas citarum harum.


"Anggaran bersumber dari APBN dengan durasi pekerjaan selama 3 (tiga) bulan yang di mulai hari ini". Ujarnya.


Ia menambahkan, pembangunan IPAL Komunal tersebut, sebagai dukungan untuk pencapaian ODF 100% menuju Bandung Kota Sehat.


"Wilayah karangpamulang untuk pencapaian ODF sudah 93 % dan yang masih OD sisanya tinggal 7%. Mudah mudahan dengan adanya pembangunan IPAL Komunal ini pencapaian ODF 100% bisa tercapai dan bermanfaat bagi warga masyarakat". Katanya.


Ditempat yang sama Dansektor 22 Kol. Inf. Eppy Gustiawan mengatakan, pembanguan septick tank komunal merupakan program sanimas citarum harum yang bertujuan untuk menjadikan sungai bersih sehingga menjadikan Bandung Kota Sehat.


"Ini merupakan salah satu tujuan program citarum harum, dengan adanya Ipal ini dapat mengatasi limbah domestik". Katanya.


Eppy berharap, dengan adanya program ini, kepada warga masyarakat kedepannya tinja tidak lagi dibuang ke sungai. Kita jadikan sungai sebagai sumber kehidupan sebagai warisan anak cucu kita.


"Kita harapkan Bandung menjadi kota sehat dengan merubah prilaku masyarakat untuk tidak membuang tinjanya ke sungai," harapnya.


Ia berpesan, Setelah Ipal di bangun, masyarakat sekitar bisa merawat serta memelihara agar dapat di rasakan dalam waktu yang cukup lama.


"Ipal ini dari warga untuk warga, maka perlu peran masyarakat untuk memanfaatkan serta pemeliharannya". Pesan Dansektor.


Sementara itu, Ketua KSM Karang Pamulang Rita Setyawati mengucapkan terima kasih kepada seluruh yang terlibat dengan anggaran yang begitu besar bisa terwujud dengan baik.


"Mudah mudahan pembangunan Ipal Ini terwujud dengan baik dan menjadi amanah bagi kami". Pungkasnya.


(M. Warman)