Satgas Sub 5 Sektor 22 Monitoring Pipa Pembuangan Tinja ke Saluran PDAM
-->

Advertisement Adsense

Satgas Sub 5 Sektor 22 Monitoring Pipa Pembuangan Tinja ke Saluran PDAM

60 MENIT
Kamis, 27 Mei 2021

60menit.com Sub 5 Sektor 22 bersama Kelurahan Babakansari monitoring penyambungan pipa pembuangan tinja ke saluran BUDP PDAM. Kamis (27/05/2021)

60MENIT.com, Bandung | Sektor 22 Citarum harum Sub 5 bersama Kelurahan Babakansari monitoring penyambungan pipa pembuangan tinja ke saluran BUDP PDAM di wilayah Rt. 1 Rw. 9 Kelurahan Babakan Sari Kec. Kiaracondong Kota Bandung. Kamis (27/5/2021).


Kegiatan tersebut, dalam rangka upaya mendukung program citarum harum dan percepatan Open Defecation Free (ODF) 100% serta menjadikan Bandung Kota Sehat.


Sebelumnya, Lurah Babakan Sari Heri Susanto mengatakan, bahwa di wilayah babakan sari untuk pencapaian ODF sudah 85 % dan yang masih OD sisanya tinggal 15%.


"Mudah mudahan dengan adanya penyambungan pembuangan tinja ke saluran BUDP warga tidak lagi BAB sembarangan, mudah mudahan pencapaian ODF 100% di Wilayah Babakan sari bisa tercapai". Katanya.


Sementara itu, Dansub 5 Peltu Seno mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar besarnya kepada warga masyarakat yang telah peduli terhadap lingkunganya.


"Ini contoh warga yang mau peduli terhadap kebersihan lingkungannya. Mudah mudah bisa di contoh bagi warga yang lainnya". Katanya.


Menurut Seno, bila warga tidak BAB sembarangan, maka air sungai tidak lagi terjangkit oleh bakteri ecolly yang sangat berbahaya bagi kesehatan.


"Bakteri ecolly ini bisa menghambat pertumbuhan anak bahkan berakibat pada gizi buruk dan diare pada orang dewasa". Tuturnya.


Untuk itu, Seno mengajak, kita harus peduli terhadap masyarakat lain terutama pada anak dan generasi yang akan datang, karena dampak air sungai yang mengandung tinja manusia akan menjadikan stunting pada pertumbuhan anak.


"Kita mulai dengan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). jadikan sungai sebagai beranda terdepan. Bila sungainya bersih maka warga juga yang akan memanfaatkannya". Pungkasnya.


(M. Warman)