Temuan Majemuk, Ketika Satgas Sub 02 Sektor 22 Bersihkan Sungai Cikondang
-->

Advertisement Adsense

Temuan Majemuk, Ketika Satgas Sub 02 Sektor 22 Bersihkan Sungai Cikondang

60 MENIT
Selasa, 11 Mei 2021

60menit.co.id  Satgas sektor 22 sub 02 membersihkan Sungai Cikondang, Kel. Sukaluyu Rw 06 dan 07, Selasa (11/05/2021).


60MENIT.co.id, Bandung | Pelda Nur Suhud, Dansub 02/22 Citarum Harum pada pembersihan Sungai Cikondang di Rw 06 dan 07 Kelurahan Sukaluyu Kecamatan Cibeunying Kaler, Selasa (11/05/2021).

Sungai Cikondang, melintasi tatanan warga Kota Bandung di tengah perkotaan, wilayah ini tercatat banyak penduduk kos kosan yang notabene mahasiswa juga karyawan. 

Seperti yang disampaikan Pelda Nur Suhud, kondisi sungai wilayah ini terpantau kotor, selain banyak warga yang kos juga tingkat pendisiplinan warga terhadap kebersihan dibilang minim.

"Kebanyakan warga pengontrak atau kos yang sering tidak menghirauakan keberaihan lingkungan, bahkan bisa jadi tingkat ODF masih kurang bagus," ujar Nur Suhud. 


Pembersihan Sungai Cikondang sepanjang 350M, sampah yang bisa terangkat dari sungai 100kg.

Dengan status lingkungan seperti ini satgas Citarum Harum sektor 22 terus injak gas keras keras, yaitu bergerak melakukan komunikasi sosial dengan masyarakat, menyampaikan sosialisasi door to door tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat. 

"Komsos kepada masyarakat yang  membuang sampah sembarangan ke sungai, kami terus mengedukasi mereka supaya patuh tidak membuang lagi baik sampah maupun tinja nya ke sungai," ujar Nur Suhud. 


Selain memerketat warga kos kosan pada tertib hidup bersih tidak boleh membuang sampah ke sungai, satgas sektor 22 juga terus menggenjot masyarakat supaya memiliki seftick tank mandiri. 

Kepemilikan seftick tank bagi warga bantaran sungai ini sangat diabaikan, selama ini mereka membuangnya ke selokan melalui paralon tersambung ke kloset. 

"Ini sekarang kami menindak tegas kepada mereka yang masih membuang berak ke sungai, bahkan tidak segan segan kami akan mengecor saluran tinjanya bagi warga yang membangkang," lanjut Nur Suhud. 

(zho)