Pemeliharaan Sungai Cikapundung Pusat Kota, Masif Dilakukan Satgas Sektor 22 Sub 12
-->

Advertisement Adsense

Pemeliharaan Sungai Cikapundung Pusat Kota, Masif Dilakukan Satgas Sektor 22 Sub 12

60 MENIT
Kamis, 17 Juni 2021

60menit.co.id Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 12, pemeliharaan Sungai Cikapundung 

60MENIT.co.id, Bandung | Satgas Citarum harum subsektor 12 sektor 22, melakukan pemeliharaan Sungai Cikapundung di Rw 07 Kelurahan Tamansari Kecamatan Bandung Wetan, Kamis (17/06/2021).


Pada pemeliharaannya, Dansub 12 sektor 22 (Peltu Ade Sukmana) bersama pasukan membersihkan sampah yang tercecer di aliran sungai sisa bawaan hujan. 


"Sampah ini besar kemungkinan sisa sisa bawaan hujan, namun demikian kami imbau kepada warga supaya lebih meningkatkan kasadarannya tidak membuang sampah ke sungai," kata Peltu Ade Sukmana. 


Pantauan satgas di lapangan warga sudah banyak mengerti dan sadar terhadap kebersihan lingkungan, namun paradigma lama masih ada sisa sisa budaya buruknya. 


Yaitu entah kelupaan secara spontan membuang sampahnya ke sungai walau hanya sebagian kecil, tatkala sadar ia pun langsung membersihkan lagi, ini yang disebut sisa sisa budaya buruk yang masih tertanam diprilaku masyarakat. 


Satgas sektor 22 rutin melakukan komunikasi sosial kepada masyarakat dengan bekal edukasi tentang program citarum harum. 


"Pesan pesan tentang pola hidup bersih dan sehat kami sampaikan kepada mereka, termasuk pentingnya membuat seftick tank di tiap rumah, supaya suksesi ODF 100% bisa cepet tercapai," imbuh Ade. 



Pentingnya kehadiran sungai yang bersih dan sehat, adalah untuk kepentingan mereka supaya fungsi sungai bisa lebih bermanfaat lagi.


Bimbingan ini terus dilakukan oleh satgas sektor 22, baik secara door to door maupun secara ceremonial bersama aparat kewilayahan. 


Sebagai daya ukur ini, satgas bisa melihat pada hasil karya bakti yaitu nominal raihan sampah di sungai. 


"Pembersihan sampah Sungai Cikapundung sepanjang -+200 meter di wilayah RW 07 Kelurahan Tamansari tidak banyak sampah didapat, namun pemeliharaan harus tetap di lakukan untuk menjaga kebersihan di pusat kota," ujar Ade. 


(zho)