Pengomposan dan Sosialisasi, Upaya Satgas Sub 16 Sektor 22 Kurangi Pencemaran Sungai
-->

Advertisement Adsense

Pengomposan dan Sosialisasi, Upaya Satgas Sub 16 Sektor 22 Kurangi Pencemaran Sungai

60 MENIT
Selasa, 01 Juni 2021

60menit.co.id Satgas Sektor 22sub 16, melakukan pembalikan kompos, Desa Gudang Kahuripan Lembang, Selasa (1/06/2021)

60MENIT.co.id, Lembang | Produksi kompos oleh satgas sektor 22 sub 16 makin di fokuskan, dipimpin Serma Epi Nana Rukmana sebagai Dansub 16.


Pembuatan kompos oleh satgas yaitu salah satu upaya untuk mengurangi tingkat pencemaran air oleh kototan hewan yang selama ini terjadi akibat adanya ribuan peternak sapi tersebar di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. 


Pada kesempatannya, Serma Epi Nana Rukmana menyampaikan, upaya satgas sektor 22 ini sudah teruji sebagai pemenuhan pupuk di internal sektor 22, yaitu kebutuhan sub pembibitan juga pemupukan di Cimenyan pada penghijauan tanaman keras dan buah buahan. 


"Selain bisa mengurangin tingkat pencemaran, pembuatan kompos ini sebagi suplay utama di subsektor pembibitan, bahkan digunakan pula untuk penghijauan tanaman di Kecanatan Cimenyan," kata Serma Epi Nana. 


Supaya lebih meningkat upaya ini, Serma Epi Nana melakukan sosialisasi kepada masyarakat peternak. Dengan mendatangi mereka satu persatu dihampirinya.


Menurut Serma Epi Nana program pengomposan juga disebar kepada tiap peternak, baik tata cara pembuatan maupun penyalurannya. 


"Saya sudah menghubungi pula tiap petani sebagi calon langganan pembeli kompos, dengan harapan para peternak yang memroduksi kompos ada penampungnya," ujar Epi Nana. 


Sosialisasi yang dilakukan satgas sub 16 sektor 22 bukan hanya bidang pembuatan kompos, tapi kepada masyarakat umum satgas memberi edukasi supaya tidak membuang sampah ke sungai. 


"Pada sosialisasi pengomposan atau juga kepada masyarakat lainya, merupakan tujuan yang sama. Yaitu sebagai upaya pada percepatan sungai bersih dan sehat," imbuhnya. 


(zho)