Satgas Sektor 22 Sub 10, Pemeliharaan Kelayakan Sungai Cibodas Antapani
-->

Advertisement Adsense

Satgas Sektor 22 Sub 10, Pemeliharaan Kelayakan Sungai Cibodas Antapani

60 MENIT
Jumat, 18 Juni 2021

60menit.com Satgas Sektor 22 Sub 10, Pemeliharaan Kelayakan Sungai Cibodas Antapani

60MENIT.co.id, Bandung | Subsektor 10 Sektor 22 Stgas Citarum Harum, melakukan pemeliharaan Sungai Cibodas di Rw 08 Kelurahan Antapanai Kidul Kota Bandung, Jumat (18/06/2021).


Pemeliharaan yang dipimpin Dansub 10 (Serka Rudi Irawan) dengan objek pembersihan sampah di aliran sungai dan pembersihan rumput yang menumbuhi kirmir dan tanggul sungai. 


Kepada awak media Serka Rudi mengatakan, pemeliharaan sungai ini salahsatu bentuk kampanye moral, dengan tujuan bahwa aksi seperti ini harus menerap pada karakter masyarakat.


"Kami harap masyarakat bisa simpatik dengan aksi yang sering kami lakukan di sungai, sehingga ini merupakan tanggung jawab mereka," ujar Rudi. 


Tanggung jawab disini menurut Rudi, yaitu beban moral bagi masyarakat dengan mengambil tindakan untuk bisa memelihara dan bertanggung jawab pada kebersihan dan kerusakan sungai oleh masyarakat. 


Sebenarnya hal yang mudah bagi warga, soalnya Pemerintah Kota Bandung menggelontorkan anggaran untuk Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) yang setiap tahun di keluarkan. 


"Warga tinggal mengusulkan saja ke Kelurahan untuk biayanya, bisa jadi segala kegiatan infra struktur termasuk pemeliharaan sungai dan bantaranya," imbuh Rudi. 



Pemkot Bandung sudah berkomitmen kuat dengan satgas sektor 22 Citarum Harum, dengan menunjuk aparat kewilayahan dan aparatur dinas terkait supaya berjibaku pada program Citarum Harum


Serka Rudi menambahkan, Namun demikian satgas sektor 22 terus berupaya secara mandiri, terutama pada gerakan patroli sungai, komunikasi sosial sebagai edukasi lingkungan pada warga dan kepentingan program citarum harum yang lainnya, berbentuk pendorongan kepada aparatur pemerintah daerah. 


"Yang jelas semua ini berpuncak pada suksesi Citarum Harum, yaitu mengembalikan sungai harus Bersih dan Sehat," tutur Rudi. 


(zho)