Satgas Citarum Harum Sub 11 Sektor 22 Bersihkan Sungai Cijalupang
-->

Advertisement Adsense

Satgas Citarum Harum Sub 11 Sektor 22 Bersihkan Sungai Cijalupang

60 MENIT
Rabu, 21 Juli 2021

60menit.co.id Satgas Subsektor 11/Uber  Sektor 22 pembersihan sungai cijalupang, Rabu (21/07/2021).

60MENIT.co.id, Bandung | Bersama tim gober Kelurahan Cisaranten Wetan, Satgas sektor 22 sub 11 dipimpin Serma Abdulloh Fawzi membersihkan Sungai Cijalupang di Rw 02, Rabu (21/07/2021).


Dikatakan Serma Abdulloh Fawzi, pembersihan ini selain sampah yang terbawa arus air sungai juga satgas melakukan pembersihan rumput yang menumbuhi kirmir.


"Sampah domestik justru bisa dikatakan sedikit, soalnya kita lihat bahwa rumput yang tumbuh di kirmir lebih banyak sehingga pandangan sungai jadi rusak," ujar Abdulloh. 


Abdulloh menambahkan bahwa rumput liar ini bisa merusak tekstur kirmir, sehingga kirmir jadi keropos akibat menjalarnya akar rumput yang tembus ke kirmir. 


Banyaknya kirmir yang roboh oleh dorongan debit air yang tinggi ketika hujan lebat, karena kurangnya pemeliharaan sungai oleh dinas terkait.



Dengan pengalaman sehari harinya satgas sektor 22 terjun bersama gober kewilayahan pada pemeliharaan kebersihan sungai include bersama pemeliharaan kirmir dan sempadan sungai. 


"Mudah mudahan pemeliharaan sungai yang rutin setiap hari kami lakukan bisa menerap ke aparat terkait sehingga sungai tidak menjadi penyebab bencana," harap Abdulloh. 


Giat lanjutan oleh satgas Sub 11 yaitu melaksanakan pengawasan pembangunan ipal komunal di wilayah sub 11 sektor 22, juga patroli sungai, patroli saluran air limbah industri dan lahan kritis termasuk sosialisasi di wilayah Subsektor 11.


(zho)