Sungai Cibeureum di Sarijadi, Target Pembersihan Satgas Sektor 22 Sub 07
-->

Advertisement Adsense

Sungai Cibeureum di Sarijadi, Target Pembersihan Satgas Sektor 22 Sub 07

60 MENIT
Kamis, 15 Juli 2021

60menit.co.id Satgas Citarum Harum sektor 22 sub 07, membersihkan Sungai Cibeureum wilayah Kel. Sarijadi Kecamatan Sukasari, Kamis (15/07/2021)

60MENIT.co.id, Bandung | Satgas Citarum Harum sektor 22 sub 07 membersihkan Sungai Cubeureum di wilayah Kelurahan Sarijadi Kecamatan Sukasari Kota Bandung, dipimpin Dansub 07, Peltu Bayu Dc, Kamis (15/07/2021).


Pembersihan sungai dari hari ke hari terus dilaksanakan, satgas sektor 22 membawa pasukan gober dari kelurahan yang menjadi lokasi pembersihan. 


Peltu Bayu Dc mengatakan, hal ini terus dilakukan karena merupakan penanaman paradigma yang mewakili aparat kewilayahan dan warganya, supaya terbentuk kekuatan karakter pada kecintaan kebersihan lingkungannya. 


"Ini sebenarnya merupakan kolabirasi kami dengan kewilayahan, namun demikian secara langsung kami telah membentuk karakter mereka dalam kecintaan kebersihan lingkungan," kata Bayu. 


Kolaborasi yang berkelanjutan antara satgas citarum harum sektor 22 dengan masyarakat, terlepas dari aparat kewilayahan yang mengutus pasukan Gorong gorong bersih (gober) sudah mendapat mandat dari pimpinan kepala daerahnya, supaya terus berjuang membantu satgas. 


Pantauan Satgas Sektor 22 itu sendiri bahwa masyarakat sudah mengerti akan adanya Satgas Citarum Harum, dan tujuannya pada penciptaan sungai yang bersih dan sehat. 


Dan ini selalu dikampanyeukan oleh satgas itu sendiri setiap hari kepada masyatakat dengan cara door to door yang sudah menjadi program rutin bagi mereka. 


"Sampai saat ini kami selalu mensosialisasikan program cutarum harum kepada warga, melalui program yang kami ciptakan yaitu Kominikasi Sosial (komsos)," jelas Bayu. 


Alhasil jika ada warga yang melanggar atas kebijakannya maka akan dilakukan tindakan sanksi sosial dan dilakukan penertiban bangunan liar bagi mereka yang menggangu bantaran sungai yang seharusnya sebagai bangunan fasilitas pemeliharaan sungai. Maka ini yang membuat tenarnya disiplinnya satgas sektor 22.


"Alhamdulillah untuk sampah sudah sangat berkurang, jadi kami alihkan kegiatan ke pemeliharaan dan pembersihan kirmir agar sungai nampak bersih dan indah dipandang mata," tutup Bayu. 


(zho)