Bangkitkan Gotong Royong, Satgas Sektor 22 Sub 03 Terapkan di Pembersihan Sungai Citepus
-->

Advertisement Adsense

Bangkitkan Gotong Royong, Satgas Sektor 22 Sub 03 Terapkan di Pembersihan Sungai Citepus

60 MENIT
Senin, 02 Agustus 2021

60menit.co.id | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 3 Bersama Baraya dan Gober membersihkan Sungai Citepus di Kel. Pamoyanan, Senin (2/08/2021)

60MENIT.co.id, Bandung | Anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 3 Bersama Baraya dan Gober Kewilayahan gotong royong membersihkan tumpukan sampah di Sungai Citepus wilayah Rw.01 Kel. Pamoyanan Kec. Cicendo Kota Bandung. Senin (2/8/2021).


Tumpukan sampah saluran air ini nampak banyak sampah rumah tangga mulai dari plastik hingga kayu. Tumpukan sampah mengakibatkan aliran air ini menjadi mampet.


Di musim kemarau ini debit air di saluran air menjadi berkurang sehingga tekanan air juga tidak terlalu kuat.


"Kalau musim hujan pasti tekanan air mengalir cepat ,sehingga sampah terbawa arus. Kalau sekarang kan musim kemarau, jadi menumpuk aja di jaring". kata Dansub 3 Sertu Suritno kepada wartawan.



Suritno menjelaskan, Volume sampah di aliran sungai ini cukup banyak, karena sampahnya yang terbawa arus sungai dan tertahan di jaring sampah.


"Maka harus secepatnya dibersihkan agar tidak mengganggu aliran sungai". Jelas Suritno.


Menurutnya, Jaring sampah bukan solusi untuk mengatasi menumpuknya sampah di sungai. Namun jaring sampah hanya sarana untuk mengurangi bertumpuknya sampah di bagian hilir sungai.


"Kepedulian masyarakat akan kebersihan terutama diwilayah sungai yang akan mengurangi bahkan menghilangkan sampah yang ada dan hanyut di sungai". Tuturnya.


Pihaknya menghimbau dan mengajak masyarakat yang tinggal di bantaran sungai agar tidak buang sampah sembarangan. Sebab, sampah yang dibuang sembarangan dapat mencemari lingkungan dan ekositem sungai.


"Upaya yang kita lakukan dalam melakukan pembersihan akan kembali sia-sia apabila masyarakat kurang peduli akan kebersihan sungai".  Katanya.


Oleh karena itu, Lanjut Suritno, upaya pembersihan yang kita lakukan harus mendapat dukungan penuh dari masyarakat.


"Masyarakat harus ikut menjaga kebersihan dengan tidak buang sampah sembarangan. Jika anda bukan orang sembarangan, maka Jangan buang sampah sembarangan". Pungkasnya.


(M. Warman)