Jaga Estetika Sungai Perkotaan, Satgas Sub 12 Sektor 22 Bersihkan Sungai Cikapundung
-->

Advertisement Adsense

Jaga Estetika Sungai Perkotaan, Satgas Sub 12 Sektor 22 Bersihkan Sungai Cikapundung

60 MENIT
Kamis, 09 September 2021

60menit.co.id | Anggota satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 12 membersihkan Sampah di Sungai Cikapundung, Kamis (9/09/2021).

60MENIT.co.id, Bandung | Bersihkan sampah dan membabad habis rumput liar yang menumbuhi daerah aliran sungai, salahsatu rutinitas dari kegiatan satgas Citarum Harum sektor 22.


Terpantau dari Satgas Sub 12, di area Sungai Cikapundung wilayah Rw. 15 Kelurahan Tamansari Kecamatan Bandung Wetan, dipimpin oleh Peltu Ade Sukmana (Dansub 12), satgas giat membersihkan sampah dan rumput liar. 


"Rumput liar ini mudah tumbuh subur dan berkembang biak dengan cepat, jika lepas dari perawtan maka sungai akan tertutup dan merusak estetika sungai, " ujar Ade Sukmana. 


Perawatan sungai dan bantaranya perlu dilakukan dengan serius juga rutin pada pelaksanaanya, karena akan memengaruhi estetika sungai terpengaruh pula pada keindahan kota.


Destinasi Wisata yang terpancar dari Kota Bandung akan berkurang jika perawatan lingkungan diabaikan, selain itu kebersihan akan mengangkat martabat kota, terutama memancing kaum tourism dari manca negara bisa ramai kembali. 



"Kebersihan sungai dan bantaranya akan menguatkan pada pelestarian sungai maupun lingkungan, dengan adanya program Citarum Harum estetika Kota Bandung akan terpelihra juga masyarakatnya tertib dan bersih akan memercepat menuju Kota Sehat," kata Ade Sukmana. 


Pada pembersihan kali ini satgas bisa melampoi pembersihan sungai sepanjang 200 M. Secara bertahap satgas menentukan lokasi berikutnya sambil melakukan pengawasan pembangunan Ipal Komunal. 


(zho).