Operasi Kepemilikan Seftick tank, Satgas Sektor 22 Sub 14 Lakukan ke Setiap Rumah Penduduk
-->

Advertisement Adsense

Operasi Kepemilikan Seftick tank, Satgas Sektor 22 Sub 14 Lakukan ke Setiap Rumah Penduduk

60 MENIT
Rabu, 06 Oktober 2021

60menit.co.id | Satgas Sektor 22 Sub 14 Lakukan ke Setiap Rumah Penduduk


60MENIT.co.id, Bandung | Pelda Ujang Supriatna, selaku Dansub 14 Sektor 22 pasca melakukan pembersihan sungai dilanjutkan dengan patroli sungai, pengecekan sefticktank di rumah penduduk, patroli sungai dan komunikasi sosial.


Dansub 14 mengerahkan pasukannya untuk membersihkan Kali (Sungai) Cileutik yang terletak di RW 09 hingga sejauh 50 M dengan sampah yang terambil sebanyak 80 kg di wilayah Kelurahan batununggal, Selasa (5/10/2021).


"Sampah yang terangkat masih kita sebut banyak, maka kami bersama anggota tidak lepas melakukan patroli sungai sosialisasi, agar warga bisa mengikuti yang kita anjurkan," singkat Pelda Ujang.


Menghindari tersebarnya kotoran manusia (tinja) satgas Sub 14, Pelda Ujang Supriatna melakukan pengecekan kepemilikan Sefticktank ke tiap rumah penduduk yang disinyalir berhubungan dengan sungai di wilayah Kelurahan Batununggal Bandung Kidul.


Satgas sektor 22 selain menindak ketertiban pendirian rumah di bantaran sungai, juga memasifkan ketertiban tidak membuang tinja ke sungai.


"Ini kita lakukan dengan tujuan ketertiban masyarakat supaya tidak membuang tinjanya ke sungai, oleh karena itu di wilayah Sektor 22 saat ini marak membangun Ipal Komunal Tinja Manusia," singkat Pelda Ujang.


Operasi Sefticktank di setiap rumah penduduk.


Ketegasan satgas ini tidak mengurangi rasa simpatik warga, karena satgas melakukanya dengan sikap humanis, sikap ini mendasar pada TNI merupakan tulang punggung rakyat, dengan slogan TNI Manunggal Rakyat.


Rasa ini satgas memerlihatnya melalui aksi komunikasi sosial (komsos) yaitu sosialisasi menyampaikan program Citarum Harum, terutama yang dilakukan secara door to door kepada warga penghuni sekitar bantaran sungai.


"Hari ini kita melakukan sosialisasi door to door kepada masyarakat, kebetulan kita melakukannya bersama Pak Tedi, Pak Banu, Pak Idang, Bu Ati, Bu Irma dan Bu Tuti, yaitu menyampaikan materi jangan sampai membuang sampah dan tinja ke sungai," ujar Pelda Ujang.


Satgas Sub 14 melakukan pula Patroli Sungai yaitu menyelia dan memeriksa pekerbangan progres Citarum Harum sebuah manfaat yang akan dirasakan oleh semua lapisan masyarakat. "Alhamdulillah kita beres melakukan Patroli Sungai sejauh 1000 M, dengan hasil tidak ada hal hal yang yang menonjol.di lapangan," kata Pelda Ujang.


(Zho)