PT. PIL Gathering Bersama Karyawan, Tingkatkan Semangat Kerja
-->

Advertisement Adsense

PT. PIL Gathering Bersama Karyawan, Tingkatkan Semangat Kerja

60 MENIT
Sabtu, 09 Oktober 2021

60menit.co.id | PT. PIL Gathering Bersama Karyawan.


60MENIT.co.id, Kota Bandung | Jika kalian bekerja di sebuah perusahaan pastinya tidak asing dengan kegiatan Gathering.


Ya, Gathering Perusahaan adalah aktivitas yang sangat menyenangkan. Bahkan manfaatnya sangat banyak terutama bagi para pekerja atau karyawan perusahaan. Maka dari itu, kegiatan yang juga disebut tour atau outing ini biasa dilakukan perusahaan.


PT Pindad International Logistic (PT PIL), Sangat sering mengadakan agenda Gathering bersama para karyawannya mulai dari Staf sampai Supir dan lain-lainnya.


Direktur Utama PT PIL Suresh Ferdian mengungkapkan jika Perusahaan yang di pimpin olehnya sangat sering mengadakan agenda Gathering ini.


"Kita sering ngadain acara Gathering ini bahkan Setahun bisa Dua kali kita adain acaranya," Ujar Suresh di Bandung, Sabtu (9/10/2021).


Menurutnya acara tersebut sangat banyak manfaatnya mulai dari saling silatuhrami sesama karyawan dan bisa saling mengenal satu sama lainnya.


"Karena Gathering tuh banyak sekali manfaatnya bisa saling kenal, saling bersilaturahmi, dan bisa saling kerjasama antara pekerja lainnya," tuturnya


Gathering yang dilaksankan di Bouticque Cafe Jl Anggrek no 29 Bandung ini, sangat meriah pasalnya diacara tersebut adanya lomba nyanyi antara Karyawan PT PIL. 


Salah satu karyawan PT PIL Agus, dirinya senang bisa berkesempatan mengikuti acara tersebut.


"Seneng aja gitu bisa kumpul bareng teman-teman seperjuangan, bisa ketemu pak dirut juga, yang pasti bisa ikut lomba nyayi," ucap agus


Agus sangat antusias mengikuti lomba nyanyi tersebut, Dan Agus pun bisa mendapatkan Apresiasi langsung dari Direktur Utama PT PIL Suresh Ferdinan.


"Pokoknya seneng banget bisa dapat hadiah dari bapak Dirut Utama PT PIL, Saya berterimakasih sama bapak Dirut dan pastinya saya semangat buat kerja dan ga akan ngecawain atasan saya," katanya


Sementara itu Direktur Operasional PT PIL Galih Nurbuana mengatakan, dirinya ikut seneng adanya acara Gathering ini.


"Ya gitu bisa kumpul bersama karyawan semua dan jujur seneng liat para karyawan kompak," katanya


Nah, Salah satu manfaat kegiatan gathering adalah meningkatkan semangat kerja karyawan ketika kembali beraktivitas. Untuk manfaat yang lebih lengkap, berikut penjelasannya:


1. Bisa Menjadi Ajang Refreshing Bagi Karyawan.

Manfaat melakukan kegiatan gathering yang pertama adalah bisa dijadikan sebagai ajang refreshing karyawan. Sehingga sepulangnya dari kegiatan, pikiran kembali tenang dan siap untuk kembali beraktivitas di perusahaan.


Jika kondisi karyawan sudah semacam ini, tentu pemilik perusahaan ikut merasakan manfaatnya. Karena mereka bekerja lebih fokus sehingga minim kesalahan.


2. Bisa Terbangun Teamwork Yang Solid.

Di dalam acara gathering perusahaan, outing, outbound dan semacamnya, pasti disisipkan permainan-permainan kolektif atau antar regu. Karena hal itulah, acara kumpul-kumpul antar karyawan ini ternyata bisa meningkatkan kekompakan tim.


Maka dari itu, acara memang layak diadakan di akhir tahun. Minimal, konflik antar karyawan yang terjadi di tahun yang sudah berjalan, bisa dicairkan dan didamaikan kembali.


Tentunya ini bagus untuk si karyawan dan juga perusahaan. Karena sekat kebencian di antara mereka bisa hilang. Sehingga kekompakan lebih terawat. Sedangkan bagi perusahaan, soliditas ini bisa menjadi pemicu peningkatan produksi. Karena pekerjaan yang rumit bisa diselesaikan akibat teamwork karyawan yang baik.


3. Bisa Menemukan Ide Dan Inspirasi Baru.

Sejatinya, di dalam perusahaan ada yang namanya evaluasi dan urun saran. Namun, terkadang dari forum formal tersebut tidak muncul ide-ide yang bagus akibat suasana yang membosankan.


Nah, manfaat gathering perusahaan di akhir tahun yang ketiga adalah, mungkin bisa menemukan ide fresh yang bagus untuk perusahaan. Ini bisa saja terjadi, karena suasana diskusinya lebih terbuka dan bersifat kekeluargaan.


Apalagi, jika desain gathering perusahaan yang dipilih adalah destinasi wisata alam yang sejuk, pasti diskusi antar karyawan lebih cair dan nyaman. Bukan tidak mungkin, sepulang dari acara, berbagai ide luar biasa berhasil diserap oleh mereka.


4. Meningkatkan Keakraban Lintas Jabatan.

Tidak dimungkiri, yang namanya karyawan pasti sungkan kepada supervisor-nya. Sedangkan si supervisor pasti sungkan kepada CEO. Ini sudah menjadi fenomena lumrah di perusahaan.


Maka dari itu, dengan diadakannya kegiatan gathering di penghujung tahun, diharapkan tidak ada lagi sekat-sekat kepangkatan tersebut. Sehingga yang muncul adalah keakraban lintas jabatan.


Efeknya ketika kembali masuk kerja, adalah hubungan antara atasan dengan bawahan kembali baik. Kami pikir, ini merupakan peristiwa yang pasti membuat suasana kerja lebih harmonis dan akrab.


5. Bisa Menyamakan Doa dan Harapan Tentang Perusahaan ke Depan.

Manfaat outing kantor yang terakhir adalah bisa menyamakan doa dan harapan tentang perusahaan di tahun yang akan datang. Hal ini bisa didapatkan, jika dalam kegiatan diselipkan juga do'a bersama sesuai keyakinan dan keimanan karyawan masing-masing. Efek dari aktivitas ini adalah, ada perasaan cinta terhadap perusahaan yang mereka bernaung di bawahnya. Rasa semacam inilah yang akan menuntun para karyawan bekerja dengan baik dan profesional. 


(Muh. Warman)