Serma Yayat, Dansub 04 Sektor 03 Edukasi Cintai Kebersihan Melalui Aksi Karya Bakti di Anak Sungai Citarum
-->

Advertisement Adsense

Serma Yayat, Dansub 04 Sektor 03 Edukasi Cintai Kebersihan Melalui Aksi Karya Bakti di Anak Sungai Citarum

60 MENIT
Selasa, 05 Oktober 2021

60menit.co.id | Serma Yayat, Dansub 04 Sektor 03 Edukasi Cintai Kebersihan dengan Aksi Karya Bakti di Anak Sungai Citarum


60MENIT.co.id, Bandung | Satgas Citarum Harum Sektor 03 Subsektor 04 di Desa Tanjungwangi, Dipimpin Serma Yayat Suprihat melaksanakan pembersihan anak Sungai Citarum, Selasa (5/10/2021).


Pembersihan sungai bagi Satgas Citarum Harum merupakan target utama dalam programnya, hal ini salahsatu kampanye yang diperuntukan Pemerintah Daerah maupun Masyarakatnya.


Menurut Serma Yayat Suprihat (Dansub 04) aksi dilapangan dalam bentuk apapun bagi satgas Citarum Harum merupakan sosialisasi aksi.


"Yaitu kami memberi contoh setiap hari melakukan pembersihan sungai, supaya masyarakat bisa iba sehingga tingkat kepedulian kebersihan sungai lebih meningkat," ujar Yayat.


Penegasan prilaku masyarakat supaya tidak membuang sampahnya kesungai, satgas sektor 03 melakukannya melalui aksi pembersihan sungai disamping melakukan sosialisasi langsung bertatap muka baik perorangan maupun dengan mengadakan event khusus di ruangan tertutup yang dihadiri oleh apara lingkungan setempat dan pemerintah daerah 


Membersihkan rumput liar di tepian sungai.


Lebih lanjut Serma Yayat menambahkan, khusus pada aksi karya bakti di pembersihan sungai, pasukan satgas mengangkat semua sampah domestik.


"Dengan harapan semua lapisan masyarakat bisa lebih paham atas tujuan yang kita lakukan, karena kampanye itu tidak cukup dengan orasi bahkan lebih bagus jika kita memberi contoh yang baik terhadap mereka," imbuh Yayat.


Pembersihan sungai oleh satgas dilakukan setiap hari, giat ini tidak dinialai jenuh oleh masyarakat sehingga satgas lebih semangat melakukannya dengan meraih nurani masyarakat supaya turut berperan serta dalam meningkatkan kepedulian lingkungan yang bersih dan sehat.


"Dalam sosialisasi kami menerapkan prinsip dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), yaitu suatu sistem yang dianjurkan oleh pemerintah, melalui Kementrian Kesehatan yang diviralkan oleh Dinas Kesehatan secara nasional," ujar Yayat.


Satgas Citarum Harum sektor 03 melakukan segala cara untuk mencipakan tatanan sungai yang bersih dan sehat, disela sela itu tujuan ini sangat bersentuhan dengan penghijauan dan konservasi sungai sebuah sikap pemeliharaan dari kerusakan Daerah Aliran Sungai.


(Zho)