Hindari Bencana Banjir di Musim Hujan, Satgas Sub 14 Sektor 22 Bersihkan Sungai Cikapundung Kolot
-->

Advertisement Adsense

Hindari Bencana Banjir di Musim Hujan, Satgas Sub 14 Sektor 22 Bersihkan Sungai Cikapundung Kolot

60 MENIT
Selasa, 16 November 2021

60menit.co.id | Anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 14 membersihkan Sampah Sungai Cikapundung Kolot, Kujangsari, Selasa (16/11/2021).


60MENIT.co.id, Bandung | Gerilya pembersihan sampah di tiap sungai bagi Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 14, kali ini melakukan pembersihan di Sungai Cikapundung Kolot wilayah RW 02 Kelurahan Kujangsari Kecamatan Bandung Kidul, Selasa (16/11/2021).


Pembersihan ini menurut Serka Fery Fernanto selaku Dansub 14, yaitu bentuk perawatan sungai dari bahaya sampah yang menjadi berbagai kendala dan menimbulkan ekses yang merugikan kewilayahan.


"Terutama bagi warga itu sendiri berupa riskan bahaya banjir, terkait saat ini merupakan puncak di musim hujan, seperti di beberapa wilayah Kota Bandung banjir ini berakibat longsor pula," beber Fery. 


Patroli dan pengawasan sungai


Aksi ini merupakan sikap siaga bencana di musim hujan bagi satgas Citarum Harum, di waktu ini mereka meningkatkan konsentrasi di seluruh sungai berupa pentauan dan pengawasan yang ketat. 


Tugas utama Satgas Citarum Harum Sektor 22 di wilayah kerjanya sama seperti satgas di sektor lainya, yaitu mengembalikan kondisi air sungai bebas pencemaran dan memperbaiki agregat pemahaman publik dan aparat pemerintahan supaya bisa meningkatkan konsentrasinya pada kondisi sungai yang benar.


Ketika melakukan sosialisasi kepada para pedagang di pasar Gordon.


Yaitu percepatan penanggulangan pencemaran dan kerusakan daerah aliran sungai. Tema ini menjalar kepada faktor sebab dan akibat kondisi sungai saat ini, sehingga dari beberapa aspek yang perlu adanya perbaikan, termasuk merilay bencana yang kerap terjadi yang disebabkan oleh kondisi sungai yang tidak kondusif.


"Kami berada jelasnya untuk rakyat banyak, sebisa mungkin sebagai TNI harus melindungi mereka dari berbagai ancaman yang membahayakan termasuk bencana banjir dan bahaya dampak kotornya sungai," imbuh Fery. 


Untuk mencapai tujuan Citarum yang Harum sesuai cita-cita Perpres 15 Th 2018, satgas Sektor 22 terus bergerilya pula menemui warga yang kompetitif di dekat sungai, ia melakukan komunikasi sosial dengan mensosialisasikan Program Citarum Harum dengan materi dilarang membuang sampah ke sungai.


(zho)