Jaga Stabilitas Kondisi Sungai, Satgas Sektor 22 Sub 02 Pasangan Jaring Sungai
-->

Advertisement Adsense

Jaga Stabilitas Kondisi Sungai, Satgas Sektor 22 Sub 02 Pasangan Jaring Sungai

60 MENIT
Jumat, 05 November 2021

60menit.co.id | Satgas Sektor 22 Sub 02 Pasangan Jaring Sampah di Sungai Cicadas dan Sungai Ciharalang, Jumat (5/11/2021).


60MENIT.co.id, Bandung | Satgas Sektor 22 Sub 02 melakukan pemasangan jaring sampah di Sungai Cicadas Rw 15 Kelurahan Cikutra juga di Sungai Ciharalang Rw 13 Kelurahan Padasuka Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung, Jumat (5/11/2021). 


Selaku Dansub 02, Peltu Nur Suhud memimpin anggotanya pada pelaksanaan pemasangan jaring sampah tersebut. Ia mengatakan, Manfaatnya jaring sampah di sungai ini adalah untuk menghentikan edaran sampah ke ke aliran sungai berikutnya.


"Intinya adalah untuk meringankan perawatan sungai. Karena sampah bisa diambil langsung di mulut jaring," kata Nur Suhud.


Peltu Nur Suhud menambahkan, sampah nyangkut disini merupakan sampah domestik yang terpung. Artinya sampah sampah yang ringan dan bisa mengurangi volume di aliran sungai wilayah hilir.


Pemasangan jaring sampah sudah gebyar berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung. 


"Kita masih bekerja sama dengan DLHK bidang kebersihan, karena terus terang di wilayah kami sampai saat ini masih banyak sampah menyebar di sungai," ujar Nur Suhud.


Upaya penanggulangan volume sampah di aliran sungai, satgas Citarum Harum Sektor 22 berinisiatif untuk mengurangi bahaya banjir yang disebabkan oleh pemadatan sampah di sungai.


Jika telat dalam perawatan sungai apalagi dibiarkan jelas akan berpengaruh pada ketahanan daerah aliran sungai, dan air sungai terkontaminasi oleh bibit penyakit dan bakteri yang dihasilkan oleh pembusukan sampah di air sungai.


(zho)