Mitigasi Bencana, Satgas Sektor 22 Sub 04 Kuatkan Perawatan Sungai di Musim Hujan
-->

Advertisement Adsense

Mitigasi Bencana, Satgas Sektor 22 Sub 04 Kuatkan Perawatan Sungai di Musim Hujan

60 MENIT
Jumat, 12 November 2021

60menit.co.id | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 04, bersihkan Sungai


60MENIT.co.id, Bandung| Sungai Ciregol di RW 02 Kelurahan Cigereleng Kecamatan Regol kembali dibersihkan Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 04, Dansub Sertu Agus Tardiman membawa pasukan termasuk Gober Kelurahan. Jumat (12/11/2021).


Ia bersemangat memimpin anggotanya, hingga sepanjang 110 M sungai dibersihkan dengan sampah terangkat hingga 200 kg.


Menurutnya pembersihan ini merupakan ekstra dan keseriusan satgas sebagai perawy sungai yang benar supaya menuju tertata boada kerapihannya sehingga tidak menyebabkan bencana di musim hujan.


"Saya menginginkan di musim penghujan seperti saat ini tidak terjadi banjir akibat sampah dan tiy longsor karena ketahanan kirmir akibat hujan deras," singy Agus Tardiman.


Pembersihan sampai domestik yang menyumbat aliran sungai dan rumput liar yang membuat rapuhnya tembok penahan tanah merupakan perawatan sungai yang mesti dilakukan secara rutin.


Sehingga satgas sektor 22 terus berupaya melakukan perawatan sungai setiap hari, sebagi tindakan perawatan sungai yang berkelanjutan. "Tindakan seperti ini mesti dilakukan dengan teratur dan rutin, jika memang kondisi sungai tetap baik dan tidak menyebabkan banjir ataupun longsornya tanggul sungai," imbuh Agus Tardiman. 


Untuk penguatan sikap tersebut Satgas Sektor 22 terus mengawal keminatan warga yang mesti dipelopori aparat kewilayahan sebagai ujung tombak pengerak warganya, maka rutinitas aksi pembersihan sungai tidak pernah diyernti setiap hari. 


"Aksi pembersihan sungai yang kita lakukan setiap hari, saya harap bisa meningkatkan daya kepedulian warga terhadap kebersihan sungai dan lingkungan," imbuh Agus Tardiman. 


Satgas Sektor 22 sudah melakukan berbagai cara untuk merubah sikap dan paradigma masyarakat. Yaitu dengan melakukan sosialisasi dan aksi pembersihan langsung di setiap sungai yang dilakukan setiap hari. 


Secara perlahan perubahan tersebut secara perlahan sudah bisa terlihat di lapangan, yaitu peningkatan bersihnya sungai semakin meningkat. 


"Ditambah pembangunan Ipal Tinja Komunal saat ini marak dilakukan, inisiatif seperti ini jalas berawal dari Satgas Sektor 22 yang diusung ke pihak Pemerintah. Saya yakin sehatnya air sungai akan tercapai walaupun secara perlahan terjadi," jelas Agus. 


Langkah mitigasi sebagai penyelamatan sungai terhadap warga, sudah ditunjukkan oleh satgas. Yaitu pada perawatan sungai dan penertiban bangunan liar yang ada di bantaran sungai. 


Hal diatas dilakukan satgas Sektor 22 meraih pemerintah daerah untuk mewujudkan cita-cita Peraturan Presiden No 15 Tahun 2018.


(zho).