Aksi Perawatan Kebersihan, Serka Fery Fernanto Dansub 14 Sektor 22 Melakukan di Sungai Cileutik Batununggal
-->

Advertisement Adsense

Aksi Perawatan Kebersihan, Serka Fery Fernanto Dansub 14 Sektor 22 Melakukan di Sungai Cileutik Batununggal

60 MENIT
Sabtu, 04 Desember 2021

60menit.co.id | Pembersihan Sungai Cileutik di Kel. Batununggal Kec. Bandung Kidul, Sabtu (4/11/2021).


60MENIT.co.id, Bandung | Perawatan Sungai Cileutik di Kelurahan Batununggal Kecamatan Bandung Kidul oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 14 bersama tim Baraya Sektor 22 membersihkan sampah domestik dan rumput liar, Sabtu (4/12/2021).


Merupakan kampanye kebaikan dari Satgas yang ditujukkan kepada masyarakat dan aparat kewilayahan, supaya mereka lebih memerhatikan keadaan lingkungan yang bersih untuk menuju peringkat karakter yang lebih baik lagi.


"Biasanya karakter masyarakat bisa dinilai dari keadaan lingkungannya, dimana lingkungan kotor maka itulah keadaan jiwa masyarakatnya." kata Serka Fery Fernanto selaku Dansub 14. 


Ia menambahkan bahwa sikap peningkatan karakter masyarakat ini bisa memengaruhi pada pemajuan peradaban. Yaitu suatu prilaku yang dipertontonkan kepada khalayak umum walau tidak disengaja bagi dirinya.


Masih menurut Serka Fery Fernanto bahwa hadirnya Prajurit TNI sebagai Satgas Citarum Harum adalah salahsatu upaya memperbaiki perilaku masyarakat supaya kesehariannya bisa memerlukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). 


"Selain melakukan perawatan sungai setiap hari, kami juga mengenalkan tujuan program Citarum Harum kepada masyarakat. Yaitu dengan komunikasi sosial secara langsung bertatap muka untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Dengan membiasakan PHBS dalam sehari-harinya," ujar Fery. 


60menit.co.id


Seperti hari ini Satgas Sub 14 pasca bakti lapangan di pembersihan sungai, mereka melanjutkan komunikasi sosial dengan masyarakat yang dianggap kompeten di lingkungannya. 


Serka Fery Fernanto berharap, secara bertahap satu persatu masyarakat yang sudah dikunjunginya bisa mempraktekkan dalam prilakunya setiap hari, sehingga bisa dicontoh oleh masyarakat lain.


"Mudah-mudahan dengan cara ini bisa berhasil memerbaiki perilaku mereka, dari kebiasaan apa adanya menuju prilaku yang bisa mengangkat derajat lingkungannya, yaitu sungai yang bersih dan sehat bermanfaat bagi masyarakat banyak," tutur Fery.


Upaya diatas merupakan langkah keseriusan dari Satgas Citarum Harum Sektor 22, demi berhasilnya program Citarum Harum.


(zho)