Jaga Kelestarian Bandung Kota Wisata, Peltu Ade Sukmana Dansub 12 Sektor 22 Utamakan Kebersihan Sungai Cikapundung
-->

Advertisement Adsense

Jaga Kelestarian Bandung Kota Wisata, Peltu Ade Sukmana Dansub 12 Sektor 22 Utamakan Kebersihan Sungai Cikapundung

60 MENIT
Sabtu, 18 Desember 2021

60menit.co.id | Tampak kegagahan Sungai Cikapundung sedang dibersihkan Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 12. (zho)


60MENIT.co.id, Bandung | Pemeliharaan Sungai Cikapundung sangat diutamakan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 12, dipimpin Peltu Ade Sukmana mengerahkan anggotanya di wilayah Rw. 18 Kelurahan Tamansari Kecamatan Bandung Wetan, Sabtu (18/12/2021).


Menurut Peltu Ade Sukmana, Sungai Cikapundung merupakan urat nadi Destinasi wisata Kota Bandung, sehingga kebersihan sampah dan rumput liar harus dijaga.


"Keindahan Kota Bandung akan suram jika Sungai Cikapundung tidak dirawat kebersihannya, soalnya ini merupakan zona Destinasi Wisata Kota Bandung," singkat Peltu Ade.


Hal diatas sangat diakui oleh masyarakat banyak, terutam Dadang Sopandi (Lurah Tamansari) sangat mengharapkan kebersihan lingkungan termasuk sungai yang ada di wilayahnya.


"Ini sangat jelas bahwa destinasi wisata Kota Bandung sangat berpengaruh pada kebersihan lingkungan, apalagi Sungai Cikapundung merupakan salahsatu sorotan utama. Maka kebersihan sampah juga rumput liar harus sangat diperhatikan." Kata Dadang.


Sampah dan rumput liar hasil pembersihan.


Dadang Sopandi sangat berterimakasih kepada Satgas Citarum Harum Sektor 22 terutama Sub 12, karena selama ada Satgas Citarum di wilayahnya kebery sungai dan lingkungan selalu dijaga dengan baik.


Untuk melestarikan budaya bersih di wilayah ini, Satgas Sub 12 terus bergerilya door to door kepada masyarakat. Dengan melakukan sosialisasi terhadap warganya tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat supaya bisa menjag kebersihan sungai.


"Kami melakukan ini setiap hari, dengan tema komunikasi sosial secara langsung bertatap muka dengan mereka secara bertahap satu persatu berkomunikasi menyampaikan program Citarum Harum," imbuh Ade Sukmana.


Kebersihan sungai dan lingkungan akan tercapai secara berkelanjutan jika paradigma masyarakat bisa berubah. "Yaitu meningkatkan budaya hidup bersih untuk mencapai keberhasilan hidup yang sehat sehingga bisa mengantarkan Kota Bandung sebuah Kota Layak Sehat," tutup Ade.


(zho)