Kembalikan Fungsi Bantaran Sungai ke Aslinya, Kolonel Eppy Sosialisasikan di Warga Binong
-->

Advertisement Adsense

Kembalikan Fungsi Bantaran Sungai ke Aslinya, Kolonel Eppy Sosialisasikan di Warga Binong

60 MENIT
Selasa, 14 Desember 2021

60menit.co.id | Kol. Inf. Eppy Gustiawan (Dansektor 22 Citarum Harum) bersama narasumber lainnya. (Agung)


60MENIT.co.id, Bandung | Satgas Citarum Harum Sektor 22 bersama dinas terkait kembali sosialisasi kepada warga Rw. 03 dan Rw. 07 yang bertempat tinggal di bantaran Sungai Cikapundung Kolot di Aula Kelurahan Binong Kecamatan Batununggal, Kota Bandung. Selasa (13/12/21).


Turut hadir, BBWS Citarum, Dinas PU Kota Bandung, Distaru Kota Bandung, DPKP3 Kota Bandung, Satpol PP Kota Bandung, Camat Batununggal, Kapolsek Batununggal, Danramil 1805/KC Kodim 0618/BS, Lurah Binong.


Dansektor 22 Kol. Inf. Eppy Gustiawan menjelaskan, Sesuai tugas dan fungsinya, Satgas Citarum Harum mengacu kepada Perpres No.15 tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum.


“Sungai Citarum merupakan sungai terkotor di dunia, untuk itu, Satgas Citarum Harum ingin menata kembali sungai agar bisa berfungsi sebagai mana fungsinya”. Jelas Eppy.


Khas redaksi


Menurut Dansektor 22, Di dalam merawat dan memelihara sungai tidak bisa secara manual, perlu adanya suatu mobilisasi dimana kita memanfaatkan kiri kanannya lahan sungai untuk mobilisasi, bahkan untuk situasi emergensipun akses ini bisa masuk, termasuk oprasional yang mungkin bisa bermanfaat bagi masyarakat umumnya.


“Pelaksanaan program citarum harum sudah masuk priode ke 4, kegiatan penataan atau penertiban tidak hanya di sini saja tapi dibeberapa tempat dan wilayah lainnya”. Masih kata Eppy.


Untuk itu, Dansektor meminta kesadaran dan pemahaman kepada warga terkait persoalan ini, satgas di sini bekerja tidak sendirian tapi ada tim yang bekerja untuk mewujudkan program ini sesuai dengan fungsi di beberapa dinas terkait.


“Sejauh ini alhamdulillah giat yang kami laksanakan berjalan aman dan lancar selama warga bisa sadar dan koperatif”. Ujarnya.


Tampak Joko Dwi Priono, S.T., M.Si., (PPNS BBWS CITARUM)


PPNS BBWS Citarum Harum Ditjen SDA Joko Dwi Priono, ST, M.Si., menyampaikan, Selama ini BBWS belum pernah memberikan ijin kepada siapapun untuk mendirikan bangunan di atas bantaran sungai.


“Kami mohon kepada masyarakat agar bisa bekerja sama untuk mengembalikan bantaran sungai kepada fungsinya”. Harap Joko.


(***)