Kemenhan Prabowo Subianto, Luncurkan Kapal Cepat Rudal 60M
-->

Advertisement Adsense

Kemenhan Prabowo Subianto, Luncurkan Kapal Cepat Rudal 60M

60 MENIT
Minggu, 05 Desember 2021

60menit.co.id | Kemenhan RI, Prabowo Subianto, berdialog dengan Karyawan PT. PAL, dalam acara peresmian 


60MENIT.co.id, Surabaya | Mentri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto meluncurkan Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 M yang ke 5, hasil karya anak bangsa PT. PAL Indonesia (Persero).


Acara digelar di ship Lift Devisi Kapal Perang PT. PAL, Surabaya Jawa Timur ini dihadiri oleh Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut (Laksamana TNI Yudo Margono) dan Direktur Utama PT. PAL Indonesia (Persero (Kaharuddin Djenod), Minggu (5/12/2021).


"Tanpa kekuatan maritim yang kuat, tidak mungkin negara kita kuat. Juga ditopang industri pertahanan yang kuat agar kita menjadi negara yang mandiri," ucap Menhan Prabowo Subianto, dalam sambutannya. 


60menit.co.id


Pembangunan kapal ini adalah sebagai memperkuat dan memodernisasi kebutuhan alutsista TNI AL, sekaligus bagian dari kemandirian pemenuhan alutsista sesuai dengan amanah UU No. 16 Tahun 2012 Tentang Industri Pertahanan. 


"Pembuatan kapal cepat rudal ini merupakan pemenuhan amanat Undang-undang yang bertujuan melindungi segenap tumpah darah Indonesia. Memenuhi amanat konstitusi, pertahanan tidak boleh diabaikan. Negara kaya tanpa pertahanan yang kuat, negara tersebut akan diinjak-injak oleh bangsa lain. Bangsa itu akan didikte oleh bangsa lain, kekayaannya akan dirampas oleh bangsa lain," ulas Kemenhan.


Kebutuhan alutsista harus menciptakan kemandirian industri pertahanan dalam negeri. Industri pertahanan harus bangkit dan menjadi motor penggerak roda  perekonomian bangsa Indonesia. Indonesia aman, ekonomi tumbuh. 


60menit.co.id

Kapal KCR ini diharapkan dapat menjadi armada tangguh untuk menjaga kedaulatan Indonesia, dimana kemampuan manuver yang lincah serta sesuai fungsinya, pengamanan wilayah maritim dan melakukan pengerjaan terhadap kapal asing yang melanggar wilayah teritorial laut Republik Indonesia.


Kemenhan menambahkan, rasa bangsa dan hormat setinggi-tingginya pada seluruh pekerja galangan kapal dan jajaran direksi PT.PAL Indonesia atas kerja keras dan dedikasi kepada bangsa dan negara melalui pembangunan kapal cepat rudal yang telah diluncurkan hari ini.


"Pada kesempatan ini saya juga menyampaikan rasa duka sedalam-dalamnya atas terjadinya musibah erupsi Gunung Semeru. Kami yakin saudara-saudara kita yang terdampak akan selalu dalam lindungan Allah SWT, Tuhan yang Maha Besar dan kita akan selalu hadir untuk menguatkan mereka. Tuhan yang maha pengasih akan selalu melindungi bangsa kita, negeri kita akan senantiasa kuat saat kita terus dalam persatuan. Aamiin Ya Rabbal Alamiin," tutup Kemenhan.


(zho)