Konsekwen Perawatannya, Meski Hujan Satgas Sub 10 Sektor 22 Bersihkan Sungai Cidurian
-->

Advertisement Adsense

Konsekwen Perawatannya, Meski Hujan Satgas Sub 10 Sektor 22 Bersihkan Sungai Cidurian

60 MENIT
Sabtu, 04 Desember 2021

60menit.co.id | Meski Hujan Satgas Sub 10 Sektor 22 Bersihkan Sungai Cidurian di Antapani, Sabtu (4/12/2021).


60MENIT.co.id, Bandung | Pasca diguyur hujan, tim satgas Citarum harum gencar melakukan pembersihan sampah di sungai agar aliran air mengalir dengan lancar. 


Seperti yang dilakukan pagi ini, di tengah rintiknya hujan, tim satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 10 bersama Gober Kewilayahan melakukan Pembersihan Sungai Cidurian diwilayah Kecamatan Antapai, Kota Bandung. Sabtu (4/12/2021).


"Kami bersama Gober kewilayahan tak henti hentinya melakukan pembersihan sungai dan saluran air yang tersumbat sampah dn rumput liar". Kata Dansub 10 Serka Rudi di sela - sela kegiatannya.


Menurut Rudi, kegiatan dilaksanakan sebagai upaya antisipasi dalam mencegah meluapnya air sungai atau saluran air akibat adanya sampah atau benda lainya di sungai.


"kegiatan ini dilakukan secara rutin, sehingga saat debit air meningkat tidak meluap atau sampai menimbulkan genangan di titik tertentu, turunya hujan dikhawatirkan membawa sampah kiriman sehingga harus di atensi ". Ujarnya.


Lebih lanjut Rudi menjelaskan, dari hasil kegiatan yang dilaksanakan masih ditemukannya sampah rumah tangga yang memenuhi aliran sungai. Kondisi inilah yang membuat air meluap saat hujan turun akibat tersumbatnya aliran air dari sampah.


“Hingga saat ini sampah masih menjadi kendala, sehingga diperlukan kesadaran bersama untuk tidak membuang sampah sembarangan, terlebih ke sungai yang menjadi saluran air". Jelasnya.


Untuk itu, Pihaknya menghimbau, kepada masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan sungai dan saluran air lainya. Hal ini mengingat sudah memasuki musim penghujan.


"Selain menyebabkan air meluap akibat berkurangnya daya tampung sungai, sampah akan bergerak mengotori sungai, jadi masyakat dimohon untuk tidak membuang sampahnya sembarangan terutama ke sungai atau saluran air". Pungkasnya.


(M. Warman).